Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Kue Karamel Sarang Semut Anti Gagal

Berikut ini resep membuat kue karamel yang mengembang sempurna seperti sarang semut ya persis seperti sarang semut lhoe, tetapi kata paman kuenya juga seperti sarang lebah mmm unik sekali ada miripnya seperti tekstur bingka ambon hanya warana dan rasa yang berbeda,pertamakali membuat langsung sukses :) makanya saya mau berbagi.

Ketika saya sudah bosan membuat kue Kalamben, tiba-tiba dapat resep dari tante membuat kue Karamel atau kue Sarang Semut yang sebelumnya hanya bisa makan tanpa tau bahannya apa saja. Kebetulan sekali yang sudah bisa itu tante jadi tidak pelit dengan ilmunya.

Nah sesampainya di rumah langsung ke esokan harinya saya coba membuat kue sarang semut yang enak dan sangat sangat simple kecuali membuat karamelnya ya yang tidak bisa salah-salah karena jika salah maka akan pahit, membeku sebelum dicampur atau terlalu encer.

Intinya sih kalau untuk membuat kue karamelnya jangan sampai gosong dan memang harus encer jika tidak maka karamelnya akan membeku dan bisa saja gosong apabila lambat diencerkan.  Tips cara membuat karamel encer, beku, tidak gosong itu silahkan lihat pada artikel sebelumnya berikut ini tips cara membuat kue karamel sarang semut yang super enak mengembang sempurna dengan telur 9.

Bahan yang harus disediakan dalam membuat resep kue sarang semut yaitu
Air putih 1 gelas
Gula pasir untuk membuat karamel 1,5 gelas
Gula bubuk 1/2 gelas
Air untuk mengencer 1 gelas
Mentega cair 1/2 bungkus dr isi 200 gram atw 100 g
Telor 9
Soda 1 sdk makan pas,jangan lebih ya.kalau kurang boleh
Tepung terigu 2 gelas
Tepung kanji 1 gelas

Langkah-langkah dalam membuat kue karamel sarang semut yaitu :

1. Buat karamel dari 1,5 gula pasir dan campurkan 1 gelas air untuk melarutkan kemudian panaskan hingga mendapatkan warna karamel agak kecoklatan. Matikan kompor lalu masukkan 1 gelas air untuk mengencerkan karamel agar tidak beku sambil panaskan hingga air dan karamel bercampur menjadi cair. Sambil Menunggu karamel dingin maka langkah selanjutnya yaitu lelehkan mentega,jika sudah biarkan sampai dingin.

2. Kocok telor ,soda dan gula menggunakan sendok atau sejenisnya tanpa mixser ya. Jika sudah tercampur rata maka masukkan tepung terigu dan tapioka/kanji sampai tercapur rata tidak berbulir. 

3. Selanjutnya masukkan lelehan mentega dan karamel ke dalam adonan kemudian aduk rata, jangan heran apabila encer memang seperti itu.

4. Olesi loyang dengan mentega dan masukkan adonan lalu panggang dalam open dengan api sedang.

5. Tusuk menggunakan lidi ditengahnya agar mengetahui kue karamel matang.
Semoga berhasil,..jika gagal coba lagi :)

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Kue Karamel Sarang Semut Anti Gagal"