Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penanganan Benjolan di Payudara Setelah Melahirkan

Jika sebelum melahirkan payudara anda baik-baik saja tidak ada benjolan lalu setelah melahirkan baru teraba ada benjolan, dan anda sedang menyusui. Sebaiknya hal yang pertama anda lakukan adalah tetap saja menyusui anak apalagi kalau benjolan atau payudara tidak sakit apabila sedang menyusui, beri ASI sesering mungkin Karena benjolan yang ada dipayudara setelah melahirkan bisa akibat kelenjar air susu yang menggumpal, akibat dari air susu yang tidak lancar atau jarang menyusui anak bahkan karena tidak menyusui anak sama sekali.

Pemberian ASI yang sering bisa membantu menghilangi benjolan yang ada dipayudara, kemudian sambil dikopres dengan air hangat agar membantu mengencerkan air susu yang menggumpal. Pengompresan tidak hanya dilakukan sekali tetapi setiap hari sampai ada perubahan apakah benjolan tersebut mengecil atau tidak. Selama benjolan tidak sakit sebaiknya dikopres saja dulu.

Tidak semua benjolan berpotensi kangker atau tomor apalagi kalau anda mengetahui benjolan itu ada setelah melahirkan. Makanya pemeriksaan sadari perlu dilakukan yaitu pemeriksaan payudara sendiri dengan cara tidur telentang lalu kita raba payudara kita agar kita tau ada atau tidak adanya benjolan. Selain terlentang, merengkan badan kekiri dan kekanan karena bisa saja benjolan tidak teraba waktu tidak terlentang. Apabila ada benjolan segera beritau orang terdekat misalkan orang tua atau suami. Jangan anda diam jika mempunyai benjolan di payudara. Agar semakin cepat anda beritahu maka akan cepat pula penanganannya. Konsultasi ke dokter juga perlu dilakukan.

Posting Komentar untuk "Penanganan Benjolan di Payudara Setelah Melahirkan"