Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Takut Melahirkan Normal

Melahirkan Normal – Sebenarnya melahirkan merupakan suatu kejadian yang sangat membahagiakan bagi seorang ibu. Tetapi terkadang banyak ibu atau calon ibu yang ketakutan melahirkan normal. Mungkin ini terjadi karena asumsi tentang rasa sakit yang luar biasa saat melahirkan normal yang terlalu berlebihan dipublikasikan selama ini. Jadi image rasa sakit yang luar biasa itu terlanjur melekat di pikiran para ibu atau calon ibu.

Tetapi sekarang para calon ibu tidak perlu khawatir apalagi ketakutan yang berlebihan karena ada yang namanya terapi hypnobirthing. Terapi ini akan membuat anda nyaman dan tidak merasa takut saat menjalani proses melahirkan normal secara alamiah.

Sesungguhnya para pakar Ginekologi yaitu Dr. Grantly Dic-Read sudah memperkenalkan cara persalinan tersebut melalui bukunya pada tahun 1994 yang berjudul Childbirth Without Fear. Kemudian terapi hypnobirthing ini dikembangkan lagi oleh seorang pendiri Hypnobirthing Institute yang bernama Marie F. Mongan.

Asal kata dari Hypnobirthing yaitu hypnotic dan birthing. Uppzzz..anda jangan takut dulu ya mendengar kata hipnotis..hehe!! ini bukan berarti saat melahirkan normal anda akan dihipnotis hingga tidak sadar dan tertidur lho J tetapi hipnotis disini yaitu metode menanam sugesti yang positif ketika otak berada dalam keadaan rileks.

Di Indonesia metode terapi hypnobirthing ini dikembangkan oleh Lanny Kuswandi pada tahun 2003. Lanny Kuswandi menyatakan bahwa melahirkan merupakan suatu proses yang alamiah dan memang terasa sakit. Tetapi pada umumnya wanita merasakan sakit itu lebih parah dari yang sebenarnya.

Hal ini karena dipengaruhi oleh stress dan rasa panik yang berlebihan karena telah diracuni dengan pengetahuan bahwa melahirkan normal tersebut sangatlah sakit.

Hal ini menyebabkan munculnya konsep melahirkan normal yang takut-tegang-sakit (fear-tension-pain). Yang mana ketakutan akan menimbulkan ketegangan atau kepanikan sehingga otot akan menjadi kaku dan akan menimbulkan rasa sakit.

Maka dari itu, jika anda rileks, tidak takut, tidak cemas dan tidak panik  saat melahirkan normal maka semuanya akan berjalan lancar, nyaman dan mudah.

Memang akan ada kontraksi ketika akan melahirkan. Dan rasanya memang sakit. Namun kontraksi ini sangat berguna dan membantu ibu untuk mengejan sehingga bayi dengan mudah menemukan jalan ke luarnya.

Tetapi jika anda tegang saat melahirkan normal maka bayi akan mengalami kesulitan keluar karena jalan untuk keluarnya bayi akan menjadi kaku dan tentunya akan sakit sekali.

Lanny Kuswandi yang sudah berpengalaman menjadi bidan menagatakan bahwa hal yang terbaik yang perlu dilakukan yaitu ikuti tekanan kepala bayi sambil anda mengejan sehingga proses persalinan pun akan menjadi nyaman dan lebih cepat. Energi akan lebih banyak terbuang jika anda kebanyakan teriak-teriak dan menjerit.

Di tempat pelatihannya yaitu di klinik ProV Cempaka, Jakarta Pusat, Lanny memberikan layanan persalinan yang mudah untuk dipelajari. Seperti misalkan latihan dari kepala sampai otot kaki yang dibuat rileks. Caranya yaitu dengan mengendurkannya. Selanjutnya perlahan-lahan atur napas anda.

Kemudian arahkan dan fokuskan kedua mata pada satu titik  di langit-langit yang membuat mata anda menjadi terpejam sambil anda mendengarkan musik yang dapat membuat anda lebih rileks.

Ketika anda sudah rileks, maka saat itulah anda masukan program positif dengan cara mengucapkan dalam hati secara sadar dan perlahan “saya dan juga janin saya akan tumbuh sehat. Ketika persalinan, saya akan menghadapinya dengan tenang”. Lakukanlah latihan tersebut terus menerus hingga sampai waktunya melahirkan.

Latihan terapi tersebut akan mengajarkan anda lebih memahami dan melepaskan tentang fear-tension-pain syndrome yang membuat anda tidak nyaman dan kesakitan yang sangat luar biasa selama proses melahirkan normal.

Jika anda sudah menguasai Hypnobirthing dengan benar, maka anda akan memiliki keahlian secara visual dan lisan mengenai cara alamiah yang ideal buat melahirkan. Karena anda akan lebih mempercayai insting tubuh anda yang bekerja dalam keselarasan irama ketika melahirkan bayi anda ke dunia.

Bagaimana dengan informasi di atas?? Apakah anda masih merasa takut untuk melahirkan normal..?? eemmmm saya rasa sudah ga takut lagi kan..hehe.

melahirkan normalOya kalau anda menyukai artikel-artikel di blog ini, silahkan anda bergabung di Facebook kami dengan mengklik tombol “suka” pada kotak facebook di atas sehingga anda akan tahu lebih dulu jika ada update/informasi tentang kesehatan terbaru karena infonya akan dikirim langsung ke facebook anda..gabung yuuk!! J

Posting Komentar untuk "Jangan Takut Melahirkan Normal"