Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kandas Sarai " 8 Menu Sarapan Pagi Praktis dan Cepat"

Sarapan pagi bagi saya dan suami sangat penting, tak perlu mewah dan ribet yang penting ada nasi yang masuk untuk pertama kali selain air putih. Kebiasaan yang saya lakukan di rumah ketika bangun pagi selain cuci pakaian dan cuci piring yaitu Membuat Sarapan.

Bagi saya membuat sarapan adalah hal yang utama, saya tidak membiasakan pagi-pagi menikmati teh atau kopi sebelum makan nasi karena bagi saya itu adalah kepuasaan sementara dan nantinya membuat harapan kenyang sia-sia bagi perut saya.

Tak ada yang lebih baik selain nasi untuk sarapan.
Buatlah dan pilihlah Kebiasaan yang baik bagi perut kita, jangan biarkan lambung mengasah sesama dinding lambung karena akan membuatnya luka dan pada akhirnya akan menyiksa kita pula.

Terkadang kebiasaan yang salah menjadikan kopi atau teh sebagai menu yang lebih baik dinikmati sebelum menikmati nasi,sehingga setelah itu lupa membuat sarapan dan langsung mengerjakan sesuatu sehingga tiba-tiba sudah siang. Itulah yang membuat kita bisa lupa makan dan sakit perut....lalu timbullah sakit maagh.

Menurut saya teh bisa kita minum pada pagi hari tetapi untuk menemani makan sarapan pagi sehingga tidak hanya teh/kopi yang diminum jadi perut terisi dengan benar, kenapa teh juga penting karena teh bisa membuat kantuk jadi hilang sehingga kita bisa bekerja tanpa kantuk.

Sakit maag timbul karena faktor telat makan dan tidak teratur makan. Buatlah Jam makan anda sendiri, dan jika anda sudah punya jam makan sendiri maka tepati jam makan tersebut seperti anda menepati janji anda sendiri kepada orang lain, jangan sampai anda terlabat makan seperti anda mengingkari janji anda sehingga orang akan kecewa dan akibatnya perut anda akan terluka dan sakit.
Sarapan pagi tidak harus ribet dan tidak harus wah, buat menu sarapan pagi yang simple saja yang penting kita dapat sehatnya tidak terkena maag atau kambuh maag.

Belajar dari pengalaman yang tidak teratur makan sehingga berakibat sakit maag sungguh membuat saya jera, begitu juga dengan suami. Terkadang efek dari ketidak teraturan makan tidak langsung kita rasa tetapi bisa benerapa hari setelahnya.

Berikut ini saya akan membuat daftar menu makanan yang simple dan praktis sehari-hari yang bisa kita ganti-ganti agar tidak bosan. Menu sarapan pagi/makan pagi yang hemat, dan sehat adalah yang kita buat sendiri dan menggunakan nasi sebagai sarapan utama:
1. Dadar Telor
Dadar telor merupakan salah satu menu untuk sarapan yang simple dan praktis yaitu hanya dengan mengocok telor dan diberi garam juga irisan bawang kemudian goreng dch.
2. Telor mata sapi
Telor mata sapi yaitu satu butir telor yang diceplokkan di pengorengan kemudian diberi taburan garam di atasnya tanpa dikocok terlebih dahulu.
3. Nasi Goreng
Nasi goreng yang simple yaitu hanya menggunakan nasi saja, dengan mengiris bawang merah dan putih,lalu ditumis kalau sudah harum masukkan nasi. Beri garam,penyedap dan kecap. Kalau mau buat nasi goreng yang lengkap mungkin butuh waktu lama jika mau cepat maka jangan repot-repot yang penting makan. Hihi
4. Goreng ikan
Ikan goreng menjadi satu pilihan yang cepat dalam membuat sarapan yang praktis.
5. Goreng Ikan Asin/Kering
Goreng ikan asin merupakan menu sarapan yanh bisa jadi pilihan pula
6. Rebus telor
Memasak telor rebus lebih baik daripada menggorengnya.
7. Mie Instan
Mie instan bisa menjadi pilihan apabila kepepet ya tetapi jangan terlalu sering,masaklah dengan benar.
8. Kandas Kasarai / Serai Ulek ciri khas makanan tradisional orang dayak kalimantan tengah palangkaraya yang sering dijadikan menu sarapan pagi.

Cara membuat makanan khas kalimantan tengah yang enak dan cara menghemat ikan jika orang banyak yaitu dengan membuat kandas, kadas menjadikan orang dayak makan dengan kebersamaan,toleransi,belajar antri dan memupuk rasa kekeluargaan yang erat. Karena kandas biasanya disuguhkan dalam cobek besar dan sama-sama mengambinya dari situ.

Kebiasaan orang dayak membuat makanan yang menjadi ciri khasnya adalah dengan tidak mencampur lombok atau cabai rawit pedas dalam laok yang dibuat, tukang masak memisahkan cabai rawit/sambal dengan tersendiri sehingga semua kalangan bisa menikmatinya, dan apabila yang suka pedas maka dengan mencampuri di piringnya saja cebe tersebut. Meskipun menu masakan tersebut pedas orang dayak membuatnya dalam dua menu yaitu satu pedas dan yang satunya lagi tidak. Enakkan kalau begitu.

Cara membuat kandas sarai yaitu siapkan 9 batang atau 13 batang serai yang sudah dicuci bersih,kupas ambil bagian putihnya (lunak). Kemudian potong-potong setipis mungkin, jika sudah uleg serai dengan garam dan penyedap secukupnya. Campurkan dua potong ikan patin yang sudah digoreng. Apabila sudah tercampur maka tumis dengan minyak goreng sekitar 4 sdm campuran serai tadi,aduk-aduk sebentar sampai panasnya merata lalu angkat dan sajikan.

Posting Komentar untuk "Kandas Sarai " 8 Menu Sarapan Pagi Praktis dan Cepat""