Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Oseng Sayur Kalakai Pedas

Berikut ini cara membuat sayur kalakai menjadi enak untuk disantap. Bagaimana tidak , selain mudah didapat, harganya murah dan cukup terjakau. Sayur kalakai enak untuk di masak dalam variasi apa saja dan kaya akan manfaat bagi kesehatan.

Sayur Khas Kalimantan Tengah yaitu Kalakai, Bajei, Ujau/Rebung,Singkah Enyuh (Umbut Kelapa), Singkah Hambie (Umbut Rumbia), Singkah Kelapa Sawit (Umbut Kelapa Sawit), Tumbuk Daun Singkong Kuah Santan atau tepe dawen jawau, Singkah Uhut (Umbut Uhut), Singkah Uwei (Umbut Rotan), Sayur Bakung, Singkah Putuk (Umbut Kecombrang) dll.

Sayur kalakai tumbuh di lahan gambut Kalimantan, rasa sayur kalakai yaitu kalatnya gurih.
Perbedaan sayur kalakai yang berwarna merah dan putih adalah  kalakai yang berwarna merah akan memiliki rasa kalat yang lebih kental dari sayur kalakai yang berwarna putih. Sebagian orang menyukai sayur kalakai yang berwarna putih.

Tetapi konon cerita kata orang tua zaman dulu sayur kalakai yang berwarna merah akan menjadi obat penambah darah bagi penderita anemia tetapi tidak cocok untuk penderita penyakit mag.
Artikel ini membahas tentang cara mengolah sayur kalakai, sayur kalakai khas Kalimantan,

Resep Oseng Sayur Kalai Pedas yang Praktis :
Bahan utama resep oseng sayur kalakai pedas yaitu sayur kalakai yang sudah di petik-petik /siang. Buang tangkainya ambil daun dan ujung tangkai yang muda saja.
2 resep bumbu oseng sayur kalakai :
Bumbu 1 semua bahan tidak di oleg hanya diiris-iris terutama bawang dan cabai :
Bumbu untuk resep sayur kalakai yaitu bawang merah, bawang putih, cabai rawit, merica bubuk, garam dan penyedap rasa.

Bumbu 2 semua bahan di oleg :
Bumbu untuk resep sayur kalakai yaitu bawang merah, bawang putih, jahe,kemiri, merica, cabai rawit, garam dan penyedap rasa.
Porsi dari semua bumbu disesuikan dengan banyaknya kalakai
Cara memasak sayur kalakai pedas khas Kalimantan yaitu :
Tumis bumbu sampai harum dengan minyak goreng secukupnya, masukkan sedikit air bila perlu/tanpa air juga bisa. Kemudian apabila air sudah mendidih masukkan sayur kalakai aduk sampai rata lalu tutup sebentar agar masaknya merata. Aduk sekali lagi lalu angkat. Beri garam dan penyedap kemudian sajikan.

Tips memasak sayur kalakai yaitu jangan terlalu lama, sama seperti sayur hijau lainnya jika lama sayur kalakai akan menguning.
Selamat mencoba :)

Posting Komentar untuk "Resep Oseng Sayur Kalakai Pedas"