Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Masakan Ikan Bawal Bumbu Kuning/Cara Memasak Ikan Bawal

Ikan bawal merupakan jenis ikan yang bisa di olah apa saja. Ikan bawal termasuk ikan yang murah dan bisa di jangkau. HARGA IKAN bawal sendiri sama dengan harga patin, di pasaran penjual enceran mematok harga ikan bawal Rp.20.000 s/d Rp.26.000/kg. Bulan September 2015 harganya Rp.24.000/kg khusus daerah Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah.

Harga ikan bisa turun naik tergantung dari pasokan dan isu-isu atau berita-berita dari TV biasanya kebiasaan para penjual meskipun Pasokan ikan/stok ikan mencukupi tetapi kalau melihat berita di tv tentang kenaikan harga disuatu daerah maka kesempatan mereka ikut-ikutan menaiki harga barangnya.

Macam-macam masakan dari ikan bawal:
Masak Kecap Ikan Bawal, Ikan Bawal Bumbu Balado,Ikan Bawal Bakar, Ikan Bawal Goreng Bumbu Rujak, SUP Ikan Bawal, Ikan Bawal Rica-Rica, Ikan Bawal Goreng Krispi dan banyaj lagi Macam-Macam masakan daru Ikan Bawal.
Bumbu untuk semua jenis masakan ikan bawal adalah :
Cara Membuat Bumbu Balado,
Cara membuat bumbu masak kecap,
Cara membuat bumbu rujak,
Cara membuat bumbu rica-rica,
Cara membuat bumbu untuk masakan bawal hampir sama dengan masakan dari jenis ikan lain ataupun dari jenis daging,

yang membedakan hanyalah bahan utamanya saja dan cara memasaknya. Apalagi ikan bawal yaitu salah satu ikan yang memiliki duri/tulang yang banyak dan kecil-kecil jadi cara memasaknyapun harus benar agar tidak merusak selera dan konsentrasi makan karena duri-duri tersebut. Meskipun begitu dagingnya manis dan gurih (tidak membosankan) apabila di masak dengan berbagai variasi.
Berikut Resep Masakan Ikan Bawal Bumbu Kining yang Mudah dan Simple :
Bahan Utama Ikan Bawal Bumbu Kuning adalah 3 ekor ikan bawal  kurang lebih 1/2 kg. Siang terlebih dahulu, jangan dipotong-potong biarkan ikan bawal dimasak secara utuh agar mudah membuang duri-durinya.

Bumbu Halus untuk Ikan Bawal Bumbu Kuning:
9 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 batang serai / di keprak
1/2 ruas jari lengkuas / dikeprak
1/2 ruas jahe
Kemiri 2 butir
Merica bubuk secukupnya
1/2 ruas kunyit

Cara membuat Ikan Bawal Bumbu Kuning:

Uleg semua bumbu halus, kecuali serai dan lengkuas.

Letakkan ikan yang sudah disiang dan dicuci bersih ke dalam wajan yang besar ( kalau kerepotan karna ikan utuh mungkin anda bisa memotongnya menjadi 2 atau 3 bagian dalam 1 ekor, bisa saja anda memasak dalam panci atau wajan kecil karena ikan sudah dipotong).

Lumuri ikan dengan bumbu halus dan beri air secukupnya sampai ikan agak terendam. Kemudian masak ikan bawalnya. Jika kira-kira ikan yang disebelahnya sudah masak maka balik ikannya. Tunggu ikan masak dan air tersisa sedikit. Sebelum disajikan beri garam dan gula secukupnya. Jika tidak suka gula bisa diganti dengan micin. Kalau rasanya sudah pas, baru anda sajika.

Tips Agar Bumbu Hancur Semua ketika di uleg:

Uleg terlebih dahulu kemirinya, kalau sudah baru kunyit, kemudian jahe dan bumbu-bumbu lain beri taburan garam atau gula agar memudahkan menguleg cepat hancur. Hindari menguleg di cobek yang terbuat dari batu (semen+pasir) karena bisa berbahaya bagi kesehatan dalam jangka panjang.

Posting Komentar untuk "Resep Masakan Ikan Bawal Bumbu Kuning/Cara Memasak Ikan Bawal"