Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Aneka Masakan Ikan Sepat Goreng & Bumbu Kuning yang Praktis

Siapa yang tidak kenal ikan sepat atau kalau orang dayak bilang ikan sasapat. Jenis ikan sepat ada 2 jenis kalau orang kami bilang sepat/sasapat Siam dan Sasapat biasa. Perbedaan sepat Siam dan sepat biasa adalah kalau sepat siam memilikk jenis yang besar sampai 3 jari lebih tetapi kalau  ikan sepat biasanya kecil-kecil paling besar sekitar 2 jari.

Ikan sepat ini hidup berkelompok di sungai-sungai, danau dan parit-parit kecil. Ikan sepat termasuk jenis ikan yang alami yang hidup di rawa-rawa atau air tawar.
Cara Menangkap Ikan sepat bisa dengan alat penangkap ikan tradisional yang biasa di pakai orang dayak Kalimantan Tengah pada zaman dahulu sampai dengan sekarang yaitu Buwu, Tampirai, Rengge, Jala dan Sauk.

Ikan sepat tidak bisa ditangkap dengan memancing karena mulut ikan sepat sangat kecil dan jarang memakan umpan. Banyak orang tidak pernah memiliki tujuan memancing ikan sepat/sasapat karena tidak akan pernah dipatuk. Mungkin saja kawat pancing untuk ikan terlalu besar atau umpannya yang tidak disukai sehingga sangat jarang mematuk umpan pancing. Tetapi sekarang banyak cara memancing ikan sepat sehingga ikan sepat yang dulu sangat jarang didapat dengan memancing namun sekarang mudah untuk dipancing.

Konon kata orang tua zaman dulu kalau ikan sepat/sasapat  bisa di dapat dengan kita pancing berarti itu rejeki kita, katanya ikan sepat yang di dapat mancing tidak dimakan tapi dikeringkan dan disimpan di tempat beras agar beras selalu ada tidak pernah kehabisan beras di rumah. Mungkin bagi yang percaya karena berhubungan dengan mitos.

Jika anda bingung memasak ikan sepat mungkin cara yang mudah adalah dengan resep menggorengnya saja. Menggoreng ikan sepat ada dua cara yaitu goreng dengan tepung bumbu praktis (siap saji) atau hanya di goreng dengan diberi garam dan penyedap. Sebenarnya hanya diberi garam juga enak karena rasa dari ikan sepat sudah gurih tanpa harus diberi penyedap apalagi ikan sepat yang masih segar.

Resep ikan sepat bumbu kuning :
Bahan utamanya yaitu ikan sepat yang sudah disiang dan dicuci bersih,
cara menyiang ikan sepat cukup mudah yaitu buang sisiknya kemudian potong kepala lalu cungkil perut ikan sepat atau bisa juga kepala tidak usah dipotong langsung buang/belah bagian perutnya sedikit lalu cungkil untuk mengeluarkan perutnya.

Bumbu halus resep ikan sepat bumbu kuning : bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, merica, garam dan penyedal. Banyak bumbu disesuaikan dengan banyak ikan. Ini adalah bumbu praktis dan tidak banyak macamnya sekiranya ada didapur. Terkadang kalau banyak macam bumbu takutnya di dapur tidak ada. Jadinya aku buat masak yang simple aj biar semua orang bisa hee.

Cara memasak ikan sepat:

Campur bumbu dan ikan sepat ke dalam wajan dan diberi air secukupnya. Tips Selama memasak ikan jangan terlalu sering mengaduk apalagi ikan yang kecil nanti ikannya hancur jadi yang terasa pada saat memakannya adalah tulang. Selama memasak ikan sepat hanya sekali mengaduk yaitu proses membaliknya. Kalau sudah di balik tunggu ikannya masak dan air kuah tersisa sedikit. Jika sudah cicipi dulu sebelum menyajikan. Selesaiii...."mudah bukan :)

Posting Komentar untuk "Resep Aneka Masakan Ikan Sepat Goreng & Bumbu Kuning yang Praktis"