Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cara Membuat " Karamel" kue SAKURA'

Kue sakura adalah kue yang berwarna coklat muda,warnanya mirip seperti gula merah. Warna coklat itu berasal dari karamel yang terbuat dari gula pasir.

Cara Membuat karamel seperti gampang-gampang sulit, gampang bagi yang sudah tau caranya tetapi sulit bagi yang baru pertama membuatnya.

Ciri khas yang terasa dari kue bunga sakura yaitu baunya yang khas berasal dari karamel gula tersebut.

Cara mudah membuat kue sakura dan tips membuat karamel dari gula pasir yang mudah, membuat pewarna coklat dari gula pasir untuk aneka kue basah dan kering antara lain sebagai berikut:
Tips cara membuat karamel dari gula pasir untuk aneka kue "sakura" : masukkan 1 gelas gula pasir dan 1 gelas yang sama air putih ke dalam wajan serta 1 sendok mentega, lalu panaskan dengan api sedang. Tunggu sampai mendidih dan berbuih buih,sambil diaduk-aduk. Jika ada sudah mulai berubah warna coklat sedikit,maka kecilkan apinya lagi karena api yang terlalu besar akan membuat karamelnya gosong sehingga proses pembuatan karamel tidak sempurna yang akan berpengaruh terhadap rasa.

Cara Membuat Karamel warn coklat dan cair/encer :
Apabila warna coklatnya sudah merata dan kental maka tambahkan air putih biasa sekitar 1 gelas untuk mengencerkan karamel tersebut sehingga tidak gosong, jangan heran kenapa setelah dimasukkan air dingin karamelnya membeku  jadi agar karamelnya encer tidak membeku maka panaskan lagi karamel tersebut sampai karamel encer lagi dan menyatu dengan air. Apabila sudah cair seperti air matikan kompornya tunggu sampai dingin baru dicampur dengan adonan kue sakuranya jangan tunggu mengental lagi baru dimatikan. Karamel yang encer/ cair tidak akan membeku dengan mudah.

Tips membuat kue sakura : jangan masukkan karamel ketika masih panas nanti akan membuat adonan kue masak dan menggumpal. Buatlah karamel yang tidak terlalu kental sehingga karamel tidak membeku ketika sudah dingin. Karamel yang baik untuk kue sakura yaitu cair dan berwarna coklat.

Posting Komentar untuk "Tips Cara Membuat " Karamel" kue SAKURA'"