Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Jahe Bagi Pengobatan Tubuh

Jahe dalam bahasa latinnya yaitu Zingiber Officina Rosc.adalah tanaman rempah penghasil rimpang yang banyak dimanfaatkan sebagai rempah masakan,kopi jahe,wedang jahe, minyak jahe, obat-obatan, untuk kesehatan dan kecantikan.

Jahe memiliki 2 jenis yang sering kita jumpai yaitu jahe merah dan jahe putih/jahe gajah. Jahe merah memiliki banyak manfaat bagi tubuh yang sama seperti manfaat jahe pada umumnya misalnya sebagai obat masuk angin, bagi kesehatan tubuh, pengobatan, pencegahan penyakit, dan untuk kecantikan.Ciri dari jahe merah yaitu memiliki kulit kemerahan dan memiliki rasa tingkat kepedasan yang tinggi dibandingkan dengan jahe putih.

Berikut ini 8 manfaat Jahe Bagi Kesehatan, Kecantikan dan Pengobatan :
1. Berikut ini manfaat rimpang dan daun jahe dalam masakan yaitu rimpang jahe sering digunakan dalam masakan apa saja misalnya rendang daging, opor ayam, sop ayam, sop daging, dan banyak lagi keanekaragaman kuliner Indonesia yang menggunakan rimapang dan daun jahe sebagai pewangi dan penyedap masakan.

Manfaat daun jahe dalam masakan bisanya ganti dari rimpang jahe. Apabila rimpang jahe tidak ada maka daun jahelah sebagai penggantinya. Cara mengolah daun jahe bisa diuleg(dihancurkan) atau dimasukkan secara utuh ke dalam masakan.

2. Manfaat Jahe Untuk Kesehatan
Jahe dapat bermanfaat untuk menghangatkan tubuh. Biasanya yang digunakan adalah rimpang jahe.
Jika ingin mendapatkan khasiat jahe untuk menghangatkan badan caranya yaitu ambil 2 simpang jahe ukuran sedang, kupas buang kulitnya kemudian cuci bersih lalu iris tipis-tipis. Masukkan ke dalam panci beri 6 gelas air lalu didihkan. Sisakan 2 atau 3 gelas airnya. Jika hendak diminum campur dengan gula merah 1 sendok makan dalam 1 gelasnya. Minum 1/2 gelas sehari dan sisanya bisa disimpan dalam lemari pendingin dan jika ingin di minum di panaskan lagi.

3. Manfaat jahe sebagi obat :
* Ekstrak jahe Mencegah Timbulnya gejala Kanker kulit, pankreas, ginjal, dan gejala kanker paru-paru.
* Mengatasi masalah pernapasan seperti batuk atau pilek. Karena jahe termasuk jenis ekspektoran alami yang berfungsi dalam melegakan sistem pernafasan. Sistem kerja dari jahe dalam melegakan pernafasan yaitu memecahkan dan menghilangkan lendir (dahak) sehingga dapat dengan mudah keluar dan memulihkan sistem pernafasan seperti semula.
* jahe mampu mengatasi rasa nyeri dan memar apabila badan mengalami sebuah benturan benda yang tumpul, sehingga mengakibatkan memar membiru akibat pembuluh darah yang pecah. Zat dalam Saru jahe merupakan anti inflamasi.

4. Manfaat Jahe Menghilangkan masuk angin.
5. Melancarkan Pencernaan.
6. Manfaat sari jahe sebagai cara melangsingkan badan/menurunkan berat badan secara alami tanpa obat. Rasa panas dan hangat dari jahe merah mampu membakar lemak yang ada dalam tubuh terutama lemak pada perut. Tentu saja harus dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan.
7. Manfaat jahe untuk kecantikan.

Posting Komentar untuk "7 Manfaat Jahe Bagi Pengobatan Tubuh"