Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Sate Lilit Ayam Khas Bali Asli

Berikut ini artikel tentang masakan khas bali sewaktu menjamu orang banyak dalam acara pernikahan dan ritual keagamaan, cara membuat menu makanan untuk orang banyak, cara menghidangkan makanan, cara membuat bumbu sate lilit ayam,sate lilit berbahan ikan, berbahan daging merah (sapi,babi dan kambing), cara agar masakan tidak mudah basi, cara agar masakan enak dan habis disantab para tamu,menu masakan sehat tanpa MSG, sate lilit ikan tongkol.

Kalau sate ayam biasa udah sering nyoba tapi kalau sate lilit khas bali saya belum pernah nyoba dan Untuk pertama kalinya saya mencoba sate lilit, saya kira sepeti sate ayam biasa yang berupa daging utuh kemudian dicampur dengan bumbu kacang tetapi ternyata tidak.

Berhubung daerah asal saya tidak pernah membuat sate seperti itu jadi agak aneh melihatnya. Sebagian ada yang suka dan yang lain juga ada yang tidak menyukainya ya dengan berbagai alasan terutama karena sate lilit yang dibuat pedas.

Sate lilit biasanya selalu dibuat pada acara-acara tertentu misalkan pernikahan dan acara-acara keagamaan Hindu Darma. Saya melihat di daerah tempat tinggal saya yang terdapat transmigrasi orang bali mereka selalu membuat sate lilit jika ada acara-acara yang benuansa sakral. Menu utama orang bali adalah sate lilit,lawar nangka dan juput gedebong pisang.

Jika gedebong pisang/juhu batang pisang sudah biasa di daerahku bahkan cara memasaknyapun sudah mengikuti perkembangan zaman maksudnya sudah dimodifikasi dengan bumbu dan rempah-rempah yang bisa menggoda selera meskipun yang dimasak hanya sayur batang pisang. Hanya saja untuk sate lilit dan lawar nangka yang belum pernah saya makan. Mmm kalau lodeh nangka sering saya makan tetapi jika lawar nangka saya juga belum pernah melihat dan memakannya tetapi jika masak lawar kata orang dayak yang non muslim maka masakan daging babi yang dicincang-cincang. Juhu lawar itulah nama kata orang Katingan menyebutnya. Ketika mendengan masak lawar, saya kira lawar menurut orang dayak katingan hee eh ternyata bukan.

Berbeda dengan Lawar menurut orang bali yaitu nangka muda yang dicincang-cincang halus kemudian dicampur dengan daging ayam/usus/hati/ampela, dimasak tanpa kuah.

Sayangnya selama saya mencoba dan mendatangi acara-acara mereka masakannya semua pedas, lidah yang tak biasa mencicipi dan memasak masakan yang pedas maka akan terasa menjadi hambatan karena ketidak leluasaan untuk makan karena takut perut sakit dan maag bisa kambuh. Padahal sebenarnaya enak hanya saja tidak ada tempat pilihan untuk mencicipi masakan tanpa cabe karena semua pesas. Dari sate lilit, lawar nangka bahkan juput gedebong pisang/juhu batang pisang pun pedas.

Seandainya jika saya yang memasak makan saya tidak akan memasak seperti itu, menurut saya memasak yang langsung cabenya dicampur itu agak kurang pas. Apalagi jika kita memasak untuk orang banyak. Karena tidak semua orang suka,  tidak semua orang bisa makan makanan yang pedas. Contohnya anak kecil, mereka kadang ikut orang tuanya ke acara-acara kondangan masa mereka tidak bisa makan karena tidak kuat dengan masakan pedas. Atau penderita maag yang sedang berobat mereka tidak dianjurkan untuk menyantap makanan yang pedas nah kalau semua pedas lalau dia makan apa?? Yang seharusnya dia makan jadi tidak makan.

Jadi pada intinya tidak semua orang suka dan bisa makan yang pedas, apalagi jika yang kita masak untuk menjamu orang banyak. Tetapi sayang bukan saya yang masak, saya hanya sebagai tamu bukan yang punya acara.heee...

Nah lain kalau saya yang masak, meskipun saya bukan ahli seperti yang di tv tv tetapi saya cukup tau bagaimana cara memasak yang benar (sok bisa).

Tips memasak untuk orang banyak:

1. Jangan memasak dengan mencampurkan cabe/lombok jadi satu dengan bumbu. Meskipun anda suka masakan pedas atau daerah anda menyukai pedas, tradisi dengan resep pedas. Cobalah untuk berfikir jika anda memasak bukan untuk lidah anda sendiri yang sejatinya penyuka pedas. Bayangkan jika anak-anak menyukai masakan anda tetapi sayang tidak bisa mencicipi karena rasa pedas sehingga makanan harusnya habis tetapi akhirnya dibuang percuma.
Pisahkan cabe/lombok dalam mangkok tersendiri.

3. Jika anda ingin memasak daging dengan rasa pedas misalkan sate lilit atau rica-rica maka buatlah dua adonan yang satu pedas dan yang satu tidak pedas. Nah di sini fungsi bumbu yang tidak dicampur dengan cabe agar mudah jika ingin membuat masakan yang tidak pedas. Tetapi alangkah baiknya jika anda tidak usah membubuhi cabe secara langsung dimasakan. 

Buat saja cabe sebagai sambal secara terpisah, jadi siapa yang suka pedas boleh dicampur dengan cabe sesui seleranya. Semakin banyak dia campur sambal cabenya maka semakin pedas makanannya. 

Seperti para pedagang bakso atau soto ' mana ada cabe langsung dicampur dalam kuah' pasti mereka pisah dalam mangkok tersendiri sehingga bagi yang suka boleh pakai sambal cabe dan begitu sebaliknya karena tidak semua orang suka dan tahan makan cabe.

4. Jika menu masakan tanpa air sudah pedas usahakan masakan yang berkuah ada dan tidak pedas maksudnya jangan masukkan lombok atau cabe secara langsung jadi satu ke dalam kuah agar ada pilihan bagi penikmat masakan anda untuk bisa menikmati kuahnya sebagai penawar dari rasa pedas makanan yang lain, coba saja bayangkan jika semua menu yang anda hidangkan semua kering sedikit bumbu lagi bagaimana bisa makan cepat dan menikmati masakan anda. Kesedak bahkan bisa heee..nah kalau ada kuahnya enak juga biarpun pedas karena mendingan ada kuah sebagai penawar sementara tapi kalau kuahnya juga pedas waduhh tidak ada tempat berlari dari pedas itu. Air sih ada tetapi ini masalah menu hihi yang akibatnya banyak yaitu ke perut.

Penyediaan menu yang berkuah juga penting dalam menu masakan dalam menjamu atau menyuguhkan untuk orang banyak. Namanya untuk orang banyak.

5. Sesuaikan rasa dengan selera orang banyak yaitu menggunakan MSG atau petsin. Meskipun sebenarnya anda tidak menyukai banyak petsin atau di rumah tidak menggunakan MSG. Berhubung untuk orang banyak maka gunakan saja meskipun agak lebay...(berlebihan). Nah jika anda mau MSG dicampur pada saat masakan sudah matang terutama petsin jadi anda bisa pisahkan yang belum tercampur MSG untuk anda, baru anda masukkan untuk orang banyak yang menggunakan MSG.

6. Garam juga sesuaikan dengan selera standar (orang banyak). Pastikan yang mencicipi tidak hanya anda sendiri agar anda bisa mengetahui tingkat keasinan masakan anda. Jika benerapa si pencicip mengatakan itu sudah cukup maka stop untuk menambahkan garam jangan patokannya hanya selera anda karena belum tentu seleramu bisa mewakili orang banyak, hendaknya yang mencicipi adalah orang yang biasa memasak di dapur yang sering juga menyuguhi orang banyak. 

Sebaiknya garam tidak boleh langsung dimasukkan dalam jumlah yang banyak ke dalam masakan karena bisa saja nanti bisa kebanyakan sehingga masakan anda keasinan. Apalagi masakan dalam jumlah banayak sebaiknya berhati-hati dalam membubuhi garam.

7. Jangan mengaduk masakan yang sudah masak menggunakan tangan, bisa anda mengaduk menggunakan tangan jika masakan tersebut belum masak dan hendak dimasak. Apabila makanan tersebut tidak dimasak lagi jangan sentuh menggunakan tangan karena akan mempercepat masakan tersebut basi.

Dapat disimpulkan jika anda memasak untuk orang banyak hendaknya cabe/lombok harus dipisah dengan masakan jangan langsung dicampur dalam masakan. Sehingga semua kalangan bisa mencicipi masakan yang anda buat.

Rasa dari masakan sesuaikan dengan selera orang banyak.
Cara menghidangnya pun sesuaikan dengan tamu yang datang, barangkali ada tamu yang tidak terbiasa dengan cara kita menghidangkan seperti tamu-tamu yang sudah biasa(daerah sendiri). Maka cara menghidangnyapun sesuaikan dengan cara yang biasa. Misalkan makan dalam piring, lauknya dipisah dalam mangkok masing-masing seandainya tadi laoknya dikertas maka keluarkan laok tersebut dan tempatkan dalam wadah tersendiri.

Bumbu halus Cara membuat sate lilit khas bali yang enak, sate lilit untuk semua, sate lilit ayam khas bali, sate lili ikan tongkol yaitu :
1. Bawang merah
2. Bawang putih
3. Jahe
4.  Ketumbar
5. Serai
6. Merica
7. Kencur
8. Kemiri
Bumbu pelengkap sate lilit khas bali asli yang enak menu masakan enak tanpa MSG untuk orang banyak :
1. Kelapa parut
2. Kelapa bakar lalau parut
3. Bawang goreng
4.Jeruk purut
5. Gula sebagai pengganti MSG bila suka
6. Garam

Tips agar sate mudah dililit yaitu jika sate terbuat dari ayam jangan sertakan kulit ayam, ketika menumis bumbu jangan terlalu banyak minyak gorengnya agar tekstur daging tidak licin.

Cara membuat sate lilit ayam dan ikan tongkol yang enak yaitu cincang daging ayam dan ikan tongkolnya. Sebelum dicincang pisahkan tulang dengan dagingnya terutama ikan ataupun ayam. Penyertaan tulang pada ayam akan mengganggu pada saat kita makan apalagi bila sate lilitnya kurang lama dibakar maka tulang ayam yang kurang halus terlihat belum matang masih memerah, karena terkadang pembakaran sate secara masal /banyak dalam sekali bakar sehingga sebagian sate tidak rata terkena api dan membuat sate masih mentah dalamnya.

Setelah daging dicincang masukkan bumbu halusnya aduk rata deh bersamaan dengan bumbu pelengkap lainnya. Lalu lilit pada tangkai bambu yang sudah dibuat tipis tempat melilit sate tersebut.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Sate Lilit Ayam Khas Bali Asli"