Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips cara membuat lapisan Tas Tali Kur

Saya ingin berbagi pengalaman dan tips mengenai tas tali kur. Bagi anda yang ingin membuat lapisan dalam tas tali kur tetapi tidak punya mesin jahit. Di sini saya akan berbagi bagaimana cara membuat bagian lapisan dalam tas tali kur tanpa menggunakan mesin jahit.
Pekerjaan yang dilakukan secara manual adalah suatu pekerjaan yang tanpa alat bantu mesin yaitu hanya menggunakan tangan, tenaga dan pikiran manusia. Berbeda dengan pekerjaan yang menggunakan alat bantu mesin kita bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, praktis dan tanpa berpikir banyak.

Pada cara membuat lapisan dalaman tas tali kur Pertamanya saya bingun bagaimana cara menjahitnya, karena belum pernah sebelumnya membuat bagian dalam tas tali kur tetapi karena memang tidak ada yang menyelesaikan makanya saya belajar untuk membuatnya sambil berpikir juga tentunya agar bisa selesai dengan rapi. Memang pada awal pembuatan lapisan dalaman tas tali kurnya agak kurang memuaskan tetapi karena sudah sering membuat lapisan dalam tas tali kur maka pekerjaannya sudah agak rapilah untuk jahitan manual.

Berikut ini bahan-bahan yang harus disediakan untuk membuat lapisan dalaman tas tali kur secara manual:
1. Gunting
2. Jarum Pentol
3. Benang Jahit
4. Jarum
5. Kain

Tahap harus dilakukan yaitu :
1. Ukur panjang seluruh tas, usahakan panjang benang dilebihkan dari panjang tas seluruh. Begitu juga lebar tas harus dilebihkan beberapa cm. Maklum tahap belajar tidak seperti penjahit-penjahit profesional yang bisa mengukur dan menjahit dengan benar. Kalau kita yang pemula bisa saja mengukurnya kekecilan jadi mendingan lebih besar. Untuk mengukur tidak harus menggunakan cm memakai tali juga bisa.

2. Kalau sudah lipat benang menjadi dua, kemudian jahit di sisi kanan dan kiri benang tersebut. Jahit dua kali agar lebih kuat dan rata. Kalau dijahit dua kali ulang terlihat seperti jahitan mesin jahit.
3. Jika sudah, langkah berikutnya yaitu merekatkan ret sleting dengan kain.

Langkah pertama yaitu kita harus meratakan kain bagian atas dengan melipatnya keluar agar lapi dan lurus. Jika kain pertama sudah dilipat lurus, kunci dengan beberapa jarum pentol biar mudah menjahitnya. Begitu juga dengan kain bagian atas yang kedua seperti contoh yang pertama agar sama seimbangnya (lihat pada gambar).

Langkah kedua yaitu menjahit ret sleting dengan benang, mulailah dari bagian awal untuk menutup. Agar nanti mudah menyesuaikan. Jahit dengan dua kali jahitan sama seperti menjahit kainnya tadi. Selesaikan jahitan sebelahnya dulu jika sebelah sudah selesai lanjut ke bagian sebelahnya lagi.

4. Jika ret sleting dan kain sudah dijahit jadi satu, selanjutnya tahap akhir yaitu menjahit ret sleting agar terpasang dengan tas tali kurnya. Caranya jahit dari bagian ujung ret sleting agar mudah mengatur jahitannya. Jika sudah, rapikan ret sleting dengan dikencangi mengelilingi depan bagian dalam tas tali kur. Rekatkan dengan jarum pentol agar tidak berubah-rubah ketikan kita menjahit.
Penggunaan jarum pentol bisa memudahkan kita dalam menjahit lapisan dalamnya sehingga sebelum kita menjahit, kita atur dulu tinggi lapisannya agar sama dengan yang disebelahnya karena kalau ret sleting tidak terpasang dengan rapi dan teratur maka setelah sesai ketika kita menutup/mengancingnya terlihat hasil yang tidak memuaskan. 

Bahkan saya pernah seperti itu sampai benerapa kali bongkar jahitan akibat ret sleting yang tidak rata sehingga sewaktu menutup bagian atas tas tali kur saya tidak rata, tidak enak di pandang pula.
Hati-hati dalam menjahit karena bisa saja jarum pentol atau jarum jahitan mengenai anda. Apalagi bila jarum pentol mengarah keluar sehingga bisa saja anda tertusuk ketika menjahit. 

Bila anda mempunyai cara lain yang lebih aman silahkan dicoba kembangkan dari cara yang sudah ada. Bila berkenan tulis lah sebuah artikel masukkan beberapa contoh gambar tentang cara anda membuat lapisan dalam tas tali kur, cara membuat bagian bawah tas tali kur, tentang macam-macam motif tas tali kur tahun 2015, motif tas tali kur terbaru, misalnya saja cara membuat motif bunga tas cantik tali kur.

Semoga bermanfaat :)

Posting Komentar untuk "Tips cara membuat lapisan Tas Tali Kur"