Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Daun Bunga Melati Bagi Kesehatan Wajah

Daun bunga melati memiliki banyak khasiat dan manfaat misalnya manfaat bunga melati bagi kesehatan tubuh, manfaat daun bunga melati untuk mengurangi produksi air susu ibu (ASI), manfaat bunga melati bagi kesehatan mata, manfaat bunga melati untuk kecantikan wajah, manfaat bunga melati bagi agama Islam, manfaat bunga melati jika dimakan, manfaat bunga melati sebagai pengharum ruangan dan pakaian.

Sebelum kita mengetahui mengenai manfaat daun,bunga melati bagi tubuh kita alangkah baiknya jika kita mengetahui nama latin dari bunga melati, ciri-ciri bunga melati, kandungan yang terdapat dalam bunga melati, cara menanam bunga melati,jenis-jenis bunga melati.
Bunga melati dalam bahasa latinnya Jasmine yaitu tanaman bunga yang mudah sekali tumbuh. Bunga melati memiliki ciri-ciri tangkai yang panjang, berdaun hijau,memiliki bunga berwarna putih dan berbau harum, memiliki kuntum yang kecil-kecil.

Syarat hidup bunga melati tidak begitu sulit. Cara menanam bunga melati, Jika anda ingin menanam bunga melati sangatlah mudah selain bunga melati memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, bunga melati sangat bagus jika dijadikan tanaman hias. Anda bisa menanam bunga melati di pekarangan ataupu di pot bunga. 

Jika anda menanam di pekarangan rumah pastikan tempatnya yang bebas dan sedikit luas agar bunga melati bisa tumbuh subur dan mempunyai banyak dahan. Karena bunga melati juga memiliki ciri dahayan yang merambat, tetapi jika tidak ingin tangkainya panjang maka anda bisa memotongnya. Dengan memotong maka dahan baru akan tumbuh lagi.

Apabila anda menanam bunga melati di pot bunga maka carilah pot bunga yang agak besar, cara menanam bunga melati yaitu cara stek dengan memotong tangkai/dahan yang agak tua kemudian tancapkan pada tanah. Nanti sekitar beberapa minggu akan tumbuh dengan ditandai keluarnya akar pada ujung tangkai/dahan yang di tancapkan ke tanah, lalu muncul daun-daun kecil.

Bunga melati memiliki tiga jenis atau spesies yaitu
1.  Jenis bunga melati Jasminum Sambac Maid Of Orlears ( J.Sambac Aid)
2. Jenis bunga melati Jasminum Sambac Grand Duke Of Tuscany
3. Jenis bunga melati Jasminum Of Ficinale
Kandungan yang terdapat dalam bunga melati yaitu
1. Minyak Eteris (zat berbau)
2. Indole
3. Linalcohol
4. Asetat Benzilic
5. Alkohol Benzilic
6. Livalylacetaat
7. Jasmon

Bingung bagi anda ibu yang menyusui atau yang tidak menyusui tapi memiliki air susu (ASI) yang berlebih, sehingga terkadang membuat anda terganggu akibat dari kelebihan ASI yang membuat Bra atau baju menjadi basah, sakit karena ASI tertambat akibat tidak di susui si anak berikut ini cara mengurangi produksi ASI yang berlebih yaitu dengan daun bunga melati denga cara ambil daun bunga melati, tumbuk halus lalu tempelkan pada keliling payudara sebelum mandi. Lakukuan secara teratur sebelum anda mandi, kalau daun yang di tumbuk agak kering bisa beri sedikit air agar mudah membalur di susu.

Manfaat bunga melati bagi kecantikan wajah, yaitu bunga melati bisa dijadikan masker wajah. Caranya dengan mengambil segenggam bunga melati, cuci bersih agar kotoran yang menempel hilang, baru kemudian di tumbuk halus, campur dengan air mawar/olive oil atau madu. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih, gunakan dalam 2 kali dalam dua minggu.
Manfaat bunga melati untuk kesehatan mata mengobati sakit mata yaitu 1 genggam daun bunga melati tumbuk halus, tempelkan pada dahi. Jika sudah kering ganti dengan yang baru.

Manfaat bunga melati menurut Islam, bunga melati yang berwarna putih. Sunan Kalijaga memilih bunga melati sebagai simbol penyucian diri dari segala kotoran dan dosa.

Manfaat makan bunga melati bagi kesehatan mampu menjaga kesehatan fisiologis tubuh yaitu manfaat makan bunga melati memilih peradangan pada usus, pada ginjal, meminimalisir racun-racun pada tubuh.

Demikian paparan tentang manfaat daun dan bunga melati bagi tubuh,kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat :)

Posting Komentar untuk "Manfaat Daun Bunga Melati Bagi Kesehatan Wajah"