Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasak dan Menyiang Kodok Goreng yang Lezat

Setelah kemarau yang panjang kini tiba saatnya musim penghujan, hujan yang baru turun setelah lama kemarau membuat salah satu binatang kodok/katak mengeluarkan diri dari persembunyiannya untuk mencari makan, mandi,  mencari pasangan, serta untuk bertelur.

Saat inilah yang paling tepat untuk berburu kodok liar yang bisa dimakan tentunya. Karena kalau salah menangkap anda bisa keliru dengan kodok beracun. Kodok beracun biasanya memiliki ciri-ciri kulit kasar, berwarna coklat tua dengan jalan yang lambat.

Ada juga jenis kodok beracun yang kedua, kodok ini biasanya sering berada di kali atau kolam sehingga kodok ini juga bisa melompat ke atas tanah dan bisa keliru dengan kodok yang bisa di makan tetapi untuk cici-cirinya sangat mudah kita bedakan. Kodok beracun memiliki warna hijau di badanya dan bertubuh ramping, kodok ini juga memiliki lompatan yang sangat lincah sehingga berbeda dengan kodok beracun jenis yang pertama tadi.

Sedangkan kodok liar yang biasa di makan oleh masyarakat setempat memiliki ciri-ciri : berwarna coklat agak muda dengan corak loreng-loreng, kulit licin dan tidak kasar, lompatan lincah, warna bagian dada putih.

Tips cara memasak kodok goreng yang enak sangat banyak sekali misalnya kodok goreng yang dicampur dengan saos, mentega, kodok goreng tepung bumbu, kodok juga enak dimasak kuah kuning tetapi dicampur dengan asam jawa sedikit agar ada rasa asamnya.

Sebelum kodok di goreng tentu saja anda harus menyiangnya terlebih dahulu cara menyiang kodok sebagai berikut:
1. Potong bagian kepalanya, kemudian potong juga bagian kaki dan tangannya ( perhatikan gambar di bawah).
2. Setelah itu kupas kulitnya tarik dari bagian kepala yang sudah di potong, tarik ke arah kaki sampai terkelupas.
3. Belah perutnya dan keluarkan semua isi perut sampai bersih, apabila bertelur, telurnya jangan diambil langsung di buang saja.
4. Jika sudah potong-potong sesuai selera. Tidak di potong juga tidak apa-apa.
5. Kulitnya juga enak jika dimasak, jangan dibuang ya. Kulitnya enak jika dimasak kuning kuah asam.
6. Jika sudah , bersihkan kodok sampai bersih begitu juga bagian kepalanya. potong bagian depannya (moncong) dan buang lidah kodok.
7. Selesai deh, masak sesuai selera. Jika hendak di goreng hanya tinggal kasih garam aduk rata dan goreng.

Semua bagian dari kodok bisa di makan kecuali pada bagian dalam perutnya termasuk telor dari kodok. Oya kalau rasanya anda susah mengupas kulitnya, tidak di kupas juga tidak masalah hanya kebiasaan menyiang saja sih. Kalau di kupas akan terlihat lebih banyak karena kulitnya terpisah.

Posting Komentar untuk "Cara Memasak dan Menyiang Kodok Goreng yang Lezat"