Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Masakan Ikan Nila Bumbu Kuning Asam yang Praktis

Berikut ini resep ikan nila bumbu kuning dengan kata lain Juhu Asem Rimbang Laok Nila ( Bahasa Dayak) atau Kuah Asam Ikan Nila.

Kenapa kok ada bumbu kuning?
Ikan nila yang dimasak kuah asam/juhu asem selalu disertai kunyit, nah karena kunyit warnanya kuning maka disebutlah namanya bumbu kuning. Ya meskipun tidak kuning-kuning sekali sih.
Ikan nila mempunyai tekstur daging yang agak lembut sama seperti ikan mas. Rasanya manis jadi dalam resep ini saya tidak menggunakan tambahan penguat rasa seperti MSG atau petsin. Hanya menggunakan garam jadi rasa yang sehat dan alami bercampur asam gurih dari buah terong asam atau yang biasa orang Dayak bilang bua rimbang.

Resep memasak ikan nila bumbu kuning / Resep memasak Juhu Asem Laok Nila
Yang Sehat :

Bahan dan cara memasak :
1. Siapkan 1 ekor nila ukuran sedang kurang lebih beratnya 700g. Kemudian siang ikan nila dengan dibuang sisik dan perutnya lalu dipotong menjadi benerapa bagian sesuai selera.
2. Kupas 2 buah terong asam, lalu belah-belah kurang lebih 1 jari dan cuci bersih sambil dibuang sebagian bijinya agar tidak terlalu masam.
3. Kupas 5 siung bawang merah, 3 siung bawanh putih, dan 1/2 ruas jari kinyit. Uleg ketiga bumbu tersebut sampai halus. Memarkan 1 batang serai. Resep bumbu kuning ini adalah yang siple dan praktis. Jika anda ingin menambahkan jahe, lengkuas, kemiri, dan merica maka akan lebih baik lagi.
4. Kalau bumbu sudah siap maka tahap selanjutnya adalah memasak. Tumis bumbu halus sampai harum. Kalau sudah harum masukkan ikan dan air. Tunggu sampai air hendak berbuih masukkan terong asamnya.
5. Tunggu sampai terong asamnya lunak dan ikannya matang. Cicipi, Beri garam dan sajikan.
Jadi, mudahkan cara memasak ikan nilanya hanya dengan beberapa jenis bumbu bisa kita santap dengan nikmat. Anggap saja ini resep ikan nila yang sederhana. Kalau ingin belajar memasak dari yang mudah-mudah saja dulu.

Selamat mencoba :)

Posting Komentar untuk "Resep Masakan Ikan Nila Bumbu Kuning Asam yang Praktis"