Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Masak Kecap Ayam Terong yang Enak dan Praktis

Pengen belajar memasak ayam tapi bingung cara memasak dan mengkreasikan dengan sayuran . Jangan khwatir di sini kamu bisa belajar memasak ala rumahan yang mudah, praktis yang pasti tidak pakai repot.

Jika yang ingin kamu masak bahan dasarnya ayam, maka sama halnya dengan memasak ikan. Ayam bisa di campur dengan bahan apa saja. Jadi tidak hanya ayam toh yang dimasak melainkan ayam juga enak jika kita masak di campur dengan sayuran termasuk di campur dengan terong. Terkadang banyak orang yang tidak berani mengkreasikan masakan ayam dengan sayuran karena tidak terbiasa saja. Orang sering memasak ayam terpisah dengan sayurnya.

Semuanya sih bebas bebas saja tergantung selera kita. Tetapi kalau kita tidak mencoba memasaknya mana kita tau itu enak apa tidak masakan ayam yang dicampur sayur.

Biasanya ayam bisa dicampur dengan sayur yang berkuah-kuah santan misalnya saja lodeh nangka, baik daging ataupun tulangan ayam seperti kecer dan kepala biasa di campur dengan lodeh nangka,  selain itu ayam juga enak dicampur dengan sayur umbut kelapa sawit, umbut rumbia, umbut kelapa, sayur batang pisang (gedebung pisang), sayur kecobrang juga enak dicampur dengan daging ayam.
Oseng atau Tumis sayur juga enak dicampur dengan daging ayam misalnya saja tumis kangkung cincangan daging ayam, tumis pepare nan pahit kaya manfaat juga enak dicampur dengan daging ayam, tumis jagung muda+wortel+buncis+cincangan daging ayam, masakan khas bali yaitu lawar nangka juga enak dicampur dengan daging ayam, wow 101 resep tumis,oseng, dan kuah yang bisa dicampur dengan daging ayam termasuk resep yang akan saya buat ini yaitu masak kecap ayam+terong.

Jika anda ingin mencoba membuatnya. Berikut bahan dan bumbu yang disediakan. Oya untuk jumlah ayam+terong+bumbu bisa anda sesuaikan dengan bahan ya dan kalau mau lihat resep saya, bisa anda lihat di gambar bawah ini.

Bahan utama: Ayam dan Terong
Bumbu Yang Perlu disediakan Membuat masak kecap Ayam :
Bawang Merah (haluskan)
Bawang Putih (haluskan)
Kunyit (haluskan)
Jahe (haluskan)
Merica (haluskan)
Garam
Kecap Manis
Ketumbar Bubuk/Utuh (haluskan)
Kayu Manis
Daun Salam
Garam
Gula Merah
Serai (haluskan)

Cara Membuat:
Tumis bumbu halus sampai harum, kalau sudah masukkan ayam dan bahan lain (bumbu yang tidak dihaluskan), beri air secukupnya agar ayam cepat matang, tutup ayam dan sambil di balik. Jika ayam 90% matang maka masukkan terong yang sudah dipotong-potong. Tunggu sampai terong matang. Kalau sudah cicipi dan sajikan.

Tips Memasak Ayam masak Kecap Terong :
Yang namanya masak kecap jadi kecapnya harus terlihat. Jangan terlalu banyak airnya, fungsi air hanya untuk mematangkan daging.

Ketika daging matang biarkan air agak mengering dan tersisa sedikit jadi kecap dan bumbunya lebih meresap dan terasa ketika di makan.

Memasak terong jangan sampai terlalu lama sehingga terong akan menjadi hancur. Makanya memasukkan terong sekira ayam sudah hampir matang atau sudah matang. Jadi terong matang ayam juga sudah matang.

Jadi, mudah saja jika anda ingin memasak ayam di campur dengan sayur. Tidak ada yang aneh ataupun salah jika ayam dimasak dengan sayur. Apalagi jika anda inging mengkreasikan dengan sayuran yang lain.

Selamat mencoba !

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Masak Kecap Ayam Terong yang Enak dan Praktis"