Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan, Kecantikan dan Pengobatan

Definisi Bawang Putih. Bawang putih dengan nama latin Allium Sativum adalah tanaman yang dimasukkan dalam klasifikasi umbi lapis atau sejenis siung bersusun.

Cara tumbuh bawang putih yaitu hidup berumpun dan berdiri tegak sampai dengan ketinggian 29-76 cm. Batangnya berbentuk semu yang terbuat dari susunan pelepah- pelepah daun, sedangkan akar dari bawang putih terbentuk dari tiap satu siung bawang yang bersusun membentuk bulatan lonjong dengan diselimuti kulit putih yang tipis.

Bawang putih memiliki beraneka ragam manfaat bagi tubuh kita, baik untuk kesehatan, kecantikan dan pengobatan pencegahan berbagai penyakit.

Berikut ini ragam manfaat bawang putih untuk pria, untuk mengobati jerawat dan mencegah jerawat, bawang putih juga memiliki khasiat baru bagi kesehatan, untuk kecantikan. Serta jenis bawang putih tunggal dan bawang putih dayak untuk pengobatan.

6 Manfaat Bawang Putih bagi kesehatan, kecantikan dan pengobatan penyakit :
Jenis bawang putih sendiri ada 2 macam yaitu bawang putih biasa dan bawang putih tunggal.
Pasti yang sering anda lihat adalah bawang putih biasa yang terdiri dari beberapa siung yang berumpun menjadi satu bongkahan bawang putih. Ini biasa yang dipakai sehari-hari untuk memasak dan yang biasa dijual para pedagang. 

Sedangkan, Bawang putih tunggal adalah bawang putih yang memang tunggal hanya satu siung dan berbentuk lonjong seperti bawang merah yang mempunyai siung yang tunggal. Akan tetapi bawang putih tunggal ini jarang dijumpai di pasaran karena sering dijual dan dikemas dalam satu wadah untuk dijadikan obat dan pencegahan berbagai penyakit.

Sehingga manfaat bawang putih tunggal biasanya dijadikan obat berbagai penyakit jadi jarang dijadikan sebagai bumbu masakan.

Sama halnya dengan Bawang Dayak yang bermanfaat sebagai obat herbal dalam menyembuhkan berbagai penyakit termasuk penyakit kanker payudara. Bawang dayak tidak pernah dijadikan sebagai bumbu masakan. Selain itu kenapa tidak pernah dijadikan bumbu masakan bawang dayak mempunyai rasa yang tidak enak jika dicampur sebagai bumbu masakan. Sehingga harga bawang dayak cukup mahal sekitar Rp.70.000 / kg.

1. Manfaat bawang putih tunggal yaitu bisa mengobati perut kebung akibat masuk angin, dapat meningkatkan daya ingat dan kecerdasan, menurunkan kolesterol dalam tubuh, mengobati impotensi, mampu mengobati luka koreng pada kepala, mengobati penyakit asma yang disertai batuk.

2. Manfaat bawang putih untuk pria dewasa yaitu membuat pria lebih perkasa. Pada masyarat dulu di Mesir Kono, mereka mempercayai bahwa manfaat bawang putih mampu meningkatkan stamina dan gairah seks.

3. Manfaat bawang putih untuk jerawat yaitu sebagai obat dan sebagai anti jerawat karena kandungan Allicin yang berfungsi sebagai anti bakteri jamur sehingga mampu mencegah jerawat. Berhati-hatilah dengan penggunaan bawang putih sebagai obat muka karena kandungan anti oksidannya sangat tinggi sehingga bisa menimbulkan iritasi pada kulit dan itu menyababkan rasa perih. Apalagi bagi anda yang memiliki kulit sensitif bawang merah memiliki rasa panas dan perih pada kulit anda.

4. Khasiat terbaru bawang putih. Senyawa baru yang terdapat dalam bawang putih yaitu Alil mampu memerangi penyakit degeneratif. Selain itu khasiat bawang putih baru mampu mengaktifkan pertumbuhan sel-sel baru.

5. Manfaat bawang putih untuk kesehatan. Bawang putih yang memiliki kandungan antibiotik alami mampu mencegah berbagai penyakit seperti menghambat pertumbuhan sel kanker, menghambat penuaan dini dan mencegah penggumpalan darah.

6. Manfaat Kandungan Bawang Putih yaitu terdapat vitamin C, mineral P, K dan Ca, serta Fe dan vitamin B. Sehingga mampu menjaga dan memelihara kesehatan tubuh kita. Tetapi meskipun bawang putih memiliki kandungan vitamin dan mineral , jangan juga hanya mengandalkan bawang putih sebagai sumber vitamin dan mineral. Konsumsi sayur dan buah akan membantu tubuh mendapatkan vitamin yang cukup. Pola makan sehat dan berolahraga juga mambantu kita hidup sehat.

Jelas bahwa bumbu-bumbu dapur termasuk bawang putih mempunyai ragam manfaat dan khasiat bagi kesehatan, kecantikan dan obat tradisional alami yang bisa kita manfaatkan.

Semoga bermanfaat :)

Posting Komentar untuk "6 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan, Kecantikan dan Pengobatan"