Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Membuat Pentol Bakso Daging Ayam

Pentol Bakso Daging Ayam adalah makan yang tidak pernah membosankan entah apa yang membuat makanan ini menjadi salah satu makanan yang di sukai oleh semua orang dari yang muda sampai yang tua.

Rasa unik dari pentol bakso daging ayam dan racikan bumbum membuat ketagihan.
Banyak orang bertanya-tanya bagaimana
Cara Membuat Pentol Bakso dari Daging Ayam.

Mereka hanya tau bahwa campuran daging ayam yaitu tepung kanji atau tepung tapioka sehingga bisa menjadi pentol bakso. Bahkan ada yang
membuat resep pentol bakso tanpa daging yaitu
hanya tepung saja yang dicampur dengan bumbu-bumbu. Apapun itu bagai mana cara dan campuran tetap saja mereka namakan Pentol Bakso.

Pentol Bakso yang terlalu banyak campuran tepungnya akan membuat pentol bakso menjadi lembek dan hancur, terkadang seperti meleleh bersama dengan air rebusan. Kuah tempat pentol bakso direbus akan terlihat keruh dan kental karena tepung yang terlalu banyak.

Takaran untuk pembuatan pentol bakso daging ayam harus pas sehingga pentol bakso tidak hancur jika direbus dan tidak kebanyakan tepung. Alangkah baiknya jika anda hitung berapa banyak tepung dan daging ketika pertama kalinya anda membuat sehingga jika ada yang kurang sempurna dalam pembuatan pentol bakso daging ayam maka anda bisa memperbaikai/menambah dari bahan-bahan tersebut.

Tips Membuat Pentol Bakso Daging Ayam yang Enak dan Sehat
Hindari pemberian bahan berbahaya meskipun bahan tersebut membuat pentol bakso menjadi kenyal dan tahan lama.

Ciri-ciri Pentol Bakso berbahaya yaitu
pentol terasa kenyal/keras jika dibanting-banting seperti karet akan memantul dan otomatis pentol yang berbahaya akan tahan lebih lama dalam udara terbuka. Berbeda dengan pentol yang alami/sehat meskipun kenyal tetapi tidak terlalu keras tekstur daging terasa dan akan cepat basi jika tidak dimasukkan ke dalam lemari pendingin.

Hindari pemberian MSG (vetsin/micin) dalam bentuk apapun. Hendaknya hanya menggunakan garam atau ditambah gula sedikit. Karena rasa daging ayam sudah mengandung pemanis alami lebih baik dari MSG. Jadi meskipun hanya diberi garam.

Masukkan tepung lebih sedikit untuk adonan pertama kemudian masak satu atau dua pentol sebagai sample/contoh. Cicipi jika masak dan apabila adonan pertama sudah pas berarti lanjutkan untuk memasak semuanya dan sebaliknya jika tepung dirasa kurang banyak mungkin anda bisa menambahnya dan ulangi sampai rasax pas.

Meskipun anda memasak sesuai resep karena terkadang cara kita mengolah bisa membuatnya menjadi gagal. Ya seperti resep yang Saya buat ini mungkin menurut Saya takarannya sudah pas dan di lidah Saya cukup enak tetapi belum tentu jika anda yang membuatnya hee. Ini ilmu Saya dapat melalui percobaan dari sekian kegagalan membuat pentol bakso dari daging ayam. Mungkin takaran inilah yang bisa dipercaya dalam membuat pentol bakso daging ayam untuk skala keluarga.

Bahan Dasar Membuat Pentol Bakso Daging Ayam :
Dada Ayam 1 kg
Tepung Tapioka 1/2 gelas minum ( kurang lebih 3 sendok makan)
Daun Seledri atau Daun Sop 3 batang, potong kecil
Kecap Manis 5 sendok makan
Tepung Gandum 2 sendok makan
Telor ayam ras 1 butir
Bumbu Halus Membuat Pentol Bakso Dari Daging Ayam:
Bawang Merah 5 siung, buang kulitnya
Bawang Putih 16 siung, buang kulitnya
Garam 1 sendok makan
Merica Bubuk 1 bungkus
Penyedap rasa secukupnya ( kalau Saya tidak pakai penyedap)

Cara Membuat Pentol Bakso Daging Ayam :
Pisahkan daging dan tulang ayam, ambil hanya daging yang dibuat untuk pentol. Tulangnya bisa dijadikan kaldu untuk kuah pentol baksonya. Potong kecil-kecil daging ayam agar mudah diblender, campurkan dengan 1 butir telor. Giling sampai halus daging ayam tersebut agar mudah dibentuk (jangan tambahkan air/ ganti air adalah telor).

Campurkan gilingan daging ayam dengan bumbu halus, tepung tapioka, kecap manis dan garam. Aduk sampai rata, jika ingin pentolnya mengembang bisa tambahkan pengembang. Sediakan air panas dalam baskom, masukkan bulatan pentol bakso ke dalam wadah yang berisi air panas. Sembari pentol bakso selesai dibulatin masak air untuk merebus pentol bakso, masukkan pentol bakso yang sudah dibulatin ke dalam air mendidih tunggu sampai masak. Jika sudah masak bisa sajikan pentol baksonya.

Posting Komentar untuk "Resep Membuat Pentol Bakso Daging Ayam"