Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Masakan Umbut Rumbia

Umbut rumbia sama seperti macam-macam/jenis umbut kelapa sawit dan umbut kelapa lainnya, cara mencari dan mengolahnyapun tidak jauh berbeda.

Rasa Umbut Rumbia
Umbut rumbia memiliki rasa agak kalat, meskipun begitu banyak yang menyukainya karena jika diolah dengan baik rasa kalat tersebut yang membuatnya enak.

Di Kalimantan Tengah juga banyak terdapat pohon rumbia selain batangnya yang bisa untuk makanan ternak , daun dari rumbia juga dimanfaatkan sebagai atap rumah. Bagi sebagian masyarakat di pedesaan, atap rumah sering menggunakan daun rumbia  tidak jarang juga meraka jadikan sebagai mata pencaharian untuk menambah penghasilan keluarga. Biasanya mereka membuat atap dari daun rumbia jika ada yang memesan.

Kekurangan dan Kelebihan Atap Daun Rumbia
Atap dari daun rumbia tidak bisa bertahan lama tetapi jika rumah memakai atap rumbia akan terasa sejuk di dalamnya meskipun pada siang hari. Berbeda dengan atap seng atau sejenisnya yang terasa panas pada siang hari.

Umbut rumbia bisa dijadikan hidangan pada saat pesta besar termasuk pernikahan.
Berikut ini resep masakan umbut rumbia:
Bahan Dasar Resep Masakan Umbut Rumbia :
* Umbut Rumbia
*Labu Kuning
*Ceker Ayam
Bumbu Halus Untuk Masakan Umbut Rumbia : bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, cabe kering, merica, jahe, lengkuas, serai, kelapa sangrai (di tumbuk).

Bahan Pelengkap Masakan Umbut Rumbia:  santan, bawang goreng,daun salam, kayu manis, gula dan garam, penyedap rasa jika perlu.

Cara membuat Sayur Umbut Rumbia Khas Kalimantan Tengah :
Potong-potong tipis umbut rumbia kemudian rendam dengan air selama memotong. Selesai anda memotong, aduk sebentar agar getahnya hilang lalu tiriskan. 

Umbut yang sudah ditiriskan lalu campur dengan garam dan gula secukupnya.
Siang labu kuning ( buang kulitnya) lalu potong sesuai selera.
Ceker ayamnya dibersihkan lalu potong dua. Cuci dan tiriskan.
Jika bahan dasar sudah selesai maka tahap selanjutnya adalah menumis bumbu halus. Jika bumbu halus sudah harum masukkan ceker ayam aduk-aduk hingga rata diamkan beberapa menit kemudian masukkan santan, daun salam dan kayu manis.

Jika santan sudah mendidih masukkan umbut rumbia dan tunggu sampai umbut baru masak lalu masukkan labu kuning. Jika labu sudah bisa dipotong pakai sendok makan itu tandanya labu sudah masak, sama seperti labu umbut rumbia jika sudah masak mudah dipotong-potong. Apabila umbut kurang masak bisa terasa gatal. Jika sudah masak semua lalu beri garam, gula dan taburan bawang goreng lalu sajikan.

Posting Komentar untuk "Resep Masakan Umbut Rumbia "