Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Masakan Ikan Patin BUMBU KUNING Tempoyak

Berikut ini adalah resep dan cara masak ikan patin dengan tidak berbau amis dan enak tentunya. Cara memasak ikan patin beragam misalnya cara memasak/resep masak ikan patin bumbu kuning dengan kuah, ikan patin asam manis, resep masakan ikan patin asam pedas, cara memasak ikan patin bumbu rujak yang rasanya asam-asam gitu, ada juga ikan patin bakar yang super enak, nah yang lebih praktis lagi adalah cara masak ikan patin goreng yang hanya di beri garam atau bisa juga tepung bumbu. Ikan patin juga enak apabila kita campur dengan tempoyak makanya ada yang namanya brengkes ikan patin tempoyak, atau yang tanpa tempoyak. Ikan patin juga enak diberi bumbu balado.

Tetapi dalam artikel ini yang kita bahas adalah resep atau cara memasak ikan patin bumbu kuning dengan kuah tempoyak.

Masakan kesukaanku, masakan yang enak dan berkuah sedap, aroma masakan yang khas bisa tercium dari kejauhan, memiliki rasa yang unik. Ini dia resep masakan ikan patin tempoyak atau orang Dayak Kalimantan Tengah bilang tempoyak itu Jeruk/Tampuyak.

Apa itu tempoyak/jeruk/tampuyak  ?
Tempoyak/tampuyak adalah makanan yang terbuat dari buah daging durian segar yang di awetkan melalui proses permentasi alami. Di diamkan selama beberapa minggu dan tahan bisa sampai berbulan-bulan bahkan bisa sampai setahun jika kita simpan di lemari pendingin.

Rasa tempoyak yang baru tidak masam, rasa khas durian masih melekat tetapi jika tempoyak durian sudah lama maka akan terasa masam.

Tips agar tempoyak durian awet atau bertahan lebih lama yaitu dengan memasukkannya ke dalam lemari pendingin, jika tidak di masukkan ke lemari pendingin maka tempoyak bisa busuk bahkan berulat.

Ikan Patin Bumbu Kuning adalah resep masakan ikan patin dengan bumbu yang berwana kuning. Warna kuning berasal dari pewarna alami kunyit. Bumbu kuning bisa dimasak dalam bentuk kuah ataupun tidak memiliki kuah. Bumbu kuning memiliki rempah-rempah yang beragam misalnya saja ketumbar, pala, jinten, kemiri, merica, adas manis, dan bumbu yang paling umum yaitu bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas serta kunyit sebagai bumbu utama karena tidak bumbu kuning apabila tidak ada kunyit.

Cara Membuat Tempoyak / Tampuyak
Jika anda ingin membuat tempoyak durian untuk konsumsi sendiri maka bahan-bahan yang disediakan adalah durian segar beberapa buah. Membuat tempoyak durian harus menyediakan minimal 5 buah durian bahkan lebih baik lagi jika duriannya banyak. Karena yang diambil untuk membuat tempoyak adalah daging durian sedangkan bijinya tidak di olah sehingga meskipun buah durian banyak maka hasil tempoyak durian akan terlihat sedikit. Daging durian tersebut di beri garam sedikit banyak dan juga gula, aduk sampai rata dan masukkan ke dalam toples.

Jangan memasukkan tempoyak sampai penuh karena tempoyak akan mengeluarkan gas dan tutup toples akan terpental sehingga bisa saja tempoyak tumpah keluar.

Oleh sebab itu harga dari tempoyak durian lebih mahal dibandingkan harga buah durian yang utuh . Di Palangkaraya Kalimantan Tengah harga tempoyak durian berkisar antara Rp.50.000 s/d Rp.60.000 per 1 kg. Itu pun tidak setiap saat ada karena tempoyak durian banyak dijual pada saat musim durian saja.

Banyak masakan yang bisa dicampur dengan tempoyak durian : misalnya saja Brenkes Ikan Patin Tempoyak, Pepes Ikan Patin Tempoyak, ikan patin juhu Tempoyak khas Kalimantan Tengah, Goreng Tempoyak. Tidak hanya ikan patin, ikan yang lain juga enak di masak dengan tempoyak misalnya saja ikan nila, ikan haruan, ikan mas dan ikan yang lainnya. Tempoyak juga enak di masak dengan daging jadi tidak hanya ikan saja.

Berikut Resep Masakan Ikan Patin Bumbu Kuning Kuah Tempoyak yang enak :
Bahan utama masakan tempoyak ikan patin yaitu ikan patin 6 potong yang sudah disiang dan dicuci, tempoyak/tampuyak 3 sendok makan. 5 gelas air untuk memasak.

Bumbu yang dihaluskan untuk masakan tempoyak yaitu bawang merah 6 siung, bawang putih 2 siung, kemiri 2 butir, 1/2 ruas jari jahe ,kunyit 1/2 ruas jari, lengkus 1/2 ruas jari dikeprak, serai 1 batang dikeprak tapi kalau serainya kecil 2 batang.garam dan gula secukupnya. Uleg semua bumbu yang dihaluskan.

Cara membuat masakan tempoyak ikan patin bumbu kuning kuah yaitu masukkan bumbu halus, patin, serai, lengkuas,garam dan gula secukupnya ke dalam panci yang berisi air. Masak kurang lebih 20 menit sampai ikan benar-benar masak. Kalau sudah masak angkat lalu cicipi kemudian sajikan.
Selamat mencoba :)

Posting Komentar untuk "Resep Masakan Ikan Patin BUMBU KUNING Tempoyak"