Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Khasiat Kunyit untuk Kesehatan dan Pengobatan

Berikut ini ragam manfaat kunyit bagi kesehatan dan kecantikan, pengobatan.
Daftar isi dari manfaat kunyit dalam artikel ini adalah Manfaat Daun Kunyit sebagai aroma masakan dan pengobatan, Manfaat Kunyit sebagai pewarna alami, manfaat kunyit mengobati sakit maag, manfaat kunyit sebagai penghilang bau amis, manfaat kunyit sebagai penghilang bau badan, manfaat bunga kunyit sebagai penghilang bau badan dengan cara dikonsumsi dan manfaat kunyit sebagai kecantikan yaitu sebagai campuran lulur pengantin.

Kunyit adalah tanaman rempah-rempah yang memiliki banyak khasiat, manfaat kunyit bagi kesehatan, dan untuk mengobati berbagai penyakit dalam tubuh kita.
Manfaat kunyit sangat banyak misalnya yang paling umum yaitu sebagai rempah dalam masakan, sebagai pewarna makanan yang alami tanpa bahan kimia.

Manfaat Kunyit Sebagai Pewarna Alami :
Kunyit memiliki warna kuning, sehingga warna dari kunyit tersebut sangat baik untuk bahan makanan misalnya pewarna makanan untuk nasi kuning. Nah jika anda ingin membuat nasi kuning sebaiknya gunakan pewarna alami dari kunyit.

Selain alami kunyit juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Di bandingkan jika anda menggunakan pewarna kimia atau pewarna tekstil yang berbahaya bagi kesehatan dalam jangka panjang. Apalagi jika makanan yang anda buat untuk di jual, alangkah baiknya jika bahan-bahan yang anda gunakan alami dan sehat.

Selain sebagai pewarna makanan untuk nasi kining, kunyit juga sering digunakan sebagai pewarna masakan misalnya Opor Ayam, Rica-Rica Ayam, Sayur Lodeh, Sop Ayam,Brenkes Patin, Haruan Kuah Asam, dan banyak lagi jenis masakan yang menggunakan kunyit sebagai pewarna untuk masakan. Meskipun tidak semua masakan menggunakan kunyit.

Manfaat Daun Kunyit
Daun kunyit memiliki banyak manfaat yaitu untuk kesehatan,penyembuhan sakit dan juga sebagai aroma masakan. Sakit memar bisa diobati dengan daun kunyit yaitu fungsi daun kunyit untuk luka memar sebagai media menghangatkan luka yang memar, caranya ambil satu lembar daun kunyit hangatkan ke api lalu tempelkan pada luka memar.

Manfaat Daun Kunyit untuk Masakan
Daun kunyit sering dipakai pada masakan rendang karena aroma dari daun kunyit khas sekali sehingga menjadikan masakan Rendang Sapi, Rendang Ayam, Rendang Ikan,Rendang Kambing dan Jenis-jenis rendang lainnya menjadi enak dan beraroma yang khas wangi. Sehingga daun kunyit bisa menambah selera makan.

Fungsi daun kunyit dan rimpang kunyit dalam Menghilangkan Bau Amis
Fugsi Daun kunyit dan rimpang kunyit dalam masakan yaitu sebagai penghilang bau amis, caranya dengan memasukkan beberapa lembar daun kunyit ke dalam rebusan daging dan uleg rimpang kunyit secukupnya lalu masukkan ke dalam air rebusan daging. Campuran bahan lain untuk menghilangkan bau amis pada daging yaitu bawang putih dan serai. Campurkan semua bahan kedalam satu wadah rebus bersama dengan daging yang ingin di biang bau amisnya. Setelah selesai direbus buang airnya dan tiriskan.

Fungsi & Khasiat Kunyit untuk Mengobati Sakit Magh, Sakit Lambung, Nyeri Uluh Hati, Luka Lambung semua masalah dalam Lambung
Manfaat Kunyit dipercaya mampu mengobati masalah pada lambung yaitu penyakit magh, caranya dengan mengambil sari air kunyit. Ambil dua rimpang kunyit sepanjang jari manis, cuci kemudian parut lalu peras untuk di ambil airnya, beri sedikit air masak kemudian peras lagi agar semua sarinya keluar. Masukkan sari air kunyit ke dalam gelas campur dengan air panas/hangat hingga setengah gelas. Jika anda mau bisa dicampur pengan 1 sendok madu atau air gula merah/aren, Minum sebelum makan dan sebelum tidur malam secara teratur hingga sembuh dan selama mengkonsumsi kinyit sebaiknya makan secara teratur. Agar pengobatan bisa efektif karena sumber sakit magh atau sakit lambung di karenakan makan yang tidak teratur jadi meskipun anda sembuh tetapi jika pola makan tidak teratur maka sakit lambung atau sakit magh bisa datang kapan saja.

Manfaat Fungsi kunyit untuk menghilangkan bau badan yaitu dengan membuatnya seperti jamu atau jika ingin yang lebih praktis anda bisa membelinya dengan penjual jamu keliling. Konsumsi secara rutin tiap hari.

Manfaat Fungsi kunyit untuk membersihkan vagina atau alat kelamin bayi perempuan yang baru lahir. Agar vagina bayi bersih dan lendir putih keluar semua. Selain dengan cara kita bersihkan, Cara lain dapat dilakukan dengan meneteskan sari air kunyit ke dalam vagina. Sterilkan rimpang kunyit (pastikan semua alat dan tangan bersih), parut rimpang kunyit sekitar 1/2 ruas jari dan saring menggunakan kain steril/kasa steril simpan dalam lendok. Teteskan menggunakan ujung jari yang sudah bersih dalam vagina bayi 2 tetes setiap pagi sampai lendir hilang. Cara ini aman karena tidak ada campuran kimia atau bahan berbahaya lain yang dapat membuat bayi sakit. Cara ini di dapat secara turun temurun dan semua bayi tidak ada masalah setelah menggunakan cara ini khususnya bayi perempuan. Apabila anda tidak yakin atau takut sebaiknya ikuti saran dokter atau bidan yang menangani bayi anda. Konsultasikan terlebih dahulu kepada yang bepengalaman dan ahlinya sebelum bertindak.

Sekian Artikel Tentang Fungsi, Khasiat dan Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh dan Sebagai Pengobatan Sakit.

Semoga Bermanfaat :)

Posting Komentar untuk " Manfaat Khasiat Kunyit untuk Kesehatan dan Pengobatan"