Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat,Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan dan Obat Tradisional

Pengertian bawang merah yaitu tumbuhan yang hidup berumpun atau berkoloni, memiliki warna merah dan berbau menyengat selalu di gunakan sebagai bumbu masakan. Bawang merah termasuk   tumbuhan semusim yang tidak memiliki batang seperti tanaman cabai rawit. Bawang merah memiliki daun memanjang, lancip dan berwarna hijau seperti daun bawang prei yang biasa digunakan untuk martabak telor, masakan sop dan rawon. Sedangkan bunga bawamg merah berwarna putih agak kemerah merahan.

Bawang merah dalam bahasa ilmiahnya yaitu Allium Ascalonicum L. Bawang merah termasuk di dalam kelompok Aggregatum. Orang Jawa menyebut bawang merah Brambang, sedangkan orang Dayak menyebutnya dengan Bawang Bahandang. Bagian yang dapat dimanfaatkan yaitu ubinya. Bawang merah diperkirakan berasal dari asia.

Manfaat,Khasiat Bawang Merah Bagi Kesehatan dan Obat bagi Tubuh ?
Bawang merah sangat bagus jika kita konsumsi dalam keadaanya mentah karena dapat menetralkan kolesterol serta bisa nenurunkan tekanan darah, mampu menghancurkan racun serta partikel jahat dalam tubuh. Jadi tidak ada salahnya jika mengkonsumsi bawang merah mentah karena khasiat bawang merah mentah lebih baik di bandingkan yang masak.

Rasa dari bawang merah mentah kalau di makan sendiri atau hanya bawang merah saja maka akan terasa tidak enak, ada rasa pahit-pahit dan pedas. Tetapi jika bawang merah di campur sebagai sambal maka akan terasa enak. Misalnya saja sambal untuk menu sate, daging bakar  sangat enak jika irisan bawang merah dan kecap + cabe sebagai sambalnya. Atau sayur bening kangkung, bayam, daun singkong  juga enak diberi sambal bawang merah + cabe + garam yang di uleg jadi satu.

Selain menu masakan sate, daging bakar dan sayur bening, irisan bawang merah mentah juga sering di campur dalam sayur acar yaitu sayur mentah berupa kol, timun dan wortel, cabai rawit yang di poting memanjang seperti korek api dan diberi air untuk kuahnya kemudian diberi irisan bawang merah mentah.

Manfaat Bawang Merah Sebagai Obat Tradisional ?
Manfaat Bawang Merah. Kandungan yang terdapat dalam bawang merah yaitu Flavonglikosida sangat bermanfaat sebagai anti radang dan pembunuh bakteri.
Selain itu kandungan Flavonglikosida, bawang merah juga memiliki kandungan Saponin yang bisa mengencerkan dahak.

Bawang Merah juga bermanfaat sebagai bumbu dasar masakan di Negara Indonesia, oleh sebab itu bawang merah selalu ada dalam setiap masakan dan temannya sendiri yaitu bawang putih. Aroma dari bawang merah jika di goreng sangat harum dan mampu menambah selera maka kita oleh sebab itu di namakan sebagai bawang goreng yang biasa di taburi di atas masak.

Khasiat Bawang Merah
Bawang merah memiliki banyak khasiat bagi tubuh kita khususnya untuk penyembuhan / pengobatan. Bawang merah memiliki khasiat menurunkan panas pada anak-anak dan orang dewasa dengan cara memarut/mengiris bawang merah lalu campurkan dengan sedikit minyak goreng atau minyak kelapa yang masih murni (belum dipakai untuk menggoreng) kemudian aduk atau remas-remas dan balurkan ke kening/jidat serta bagian tubuh lainnya sambil dipijat-pijat.

Khasiat bawang merah bisa menghangatkan tubuh dan mampu mempermudah keluarnya angin dari dalam perut. Jadi bawang merah memiliki khasiat untuk mengobati masuk angin, sehingga bisa dijadikan solusi apabila tidak ada jahe jadi sebagai pengganti obat masuk angin yaitu bawang merah. Karena selalu ada di dapur.

Bawang merah memiliki khasiat melancarkan pengeluaran air seni, penggumpalan darah,mampu menurunkan kolesterol, dan kadar gula dalam darah.
Khasiat bawang merah juga mampu mencegah kanker karena terdapat kandungan sulful.

Posting Komentar untuk "Manfaat,Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan dan Obat Tradisional"