Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Bawang Merah Di Kalimantan Tengah

Bawang Merah adalah bumbu dapur dalam setiap masakan, bawang merah adalah bumbu utama bagi masyarakat Indonesia. Semua Ibu-Ibu selalu menggunakan bumbu ini setiap hari pada masakannya tanpa bawang merah maka masakan akan terasa hambar dan kurang beraroma.

Tapi terkadang hargalah yang menjadi kendala bagi para Ibu untuk memasak yang enak. Apalagi jika para petani mendapat kendala atau hambatan pada saat panen. Sehingga pasosakan atau distribusi menjadi berkurang kepada konsumen sehingga hal ini lah yang mengakibatkan harga bawang merah bisa melonjak naik.

Terutama Di Kalimantan Tengah yang selalu mengandalkan kiriman bawang merah bawang putih, kemiri, serta rempah-rempah yang lain dari pulau Jawa. Jika harga dipulau Jawa sudah naik, maka secara otomatis di Kalimantan Tengah akan ikut naik pula begitu sebaliknya.

Harga bawang merah pernah sampai Rp.60.000 / kg pada tahun 2014 di pasaran sampai sampai pada saat itu banyak ibu rumah tangga mengurangin konsumsi bawang merah dan memperbanyak atau menggantinya dengan rempah-rempah lain. Misalnya saja serai, jehe dan lengkuas. Kenaikan bawang merah juga di ikuti dengan kenaikan bawang putih meskipun pada saat itu harga bawang putih tak semahal bawang merah.

Pada tahun 2015 bawang merah Rp.40.000 / kg ( saya lupa bulan berapa), harga bawang merah di Kalimantan Tengah tidak menetap bahkan bisa hampir tiap minggu mengalami naik dan turun dan harga bawang merah pada minggu ke 4 bulan Agustus 2015 turun drastis mencapai Rp.12.000/kg. Sedangkan minggu ke 3 bulan Agustus  2015 Rp. 16.000/kg.

Apalagi harga bawang merah bagi mereka di pedalaman Kalimantan Tengah semakin mahal dari harga yang ada di kota Palangkaraya. Karena biaya transportasi yang lumayan untuk sampai ke sana sedangkan jalan menuju ke sana sangat lah sulit melewati daerah perbukitan yang menanjak dan berbatu. Apalagi jika musim penghujan maka akan semakin sulit lagi. Tetapi bagi mereka di pedalaman meskipun harganya mahal dari yang ada di kota mereka sudah terbiasa dengan harga yang mahal.

Posting Komentar untuk "Harga Bawang Merah Di Kalimantan Tengah"