Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Senggani/Harendong/Karamunting Sebagai Obat Mencret

Senggani/Harendong atau biasanya masyarakat Dayak Kalimantan Tengah, khususnya Kabupaten Pulang Pisau menyebut dengan nama Karamunting. Tumbuhan ini hidup liar di hutan Kalimantan Tengah, meskipun kita tidak menanamnya maka dia tumbuhan Karamunting atau Senggani akan tumbub dengan sendirinya. Tipe tanah yang bergambut dengan tingkat keasaman yang tinggi sangat disukai tumbuhan ini, meskipun sudah di tebas atau diberikan racun maka akan tumbuh lagi bahkan akan muncul bibit baru.

Manfaat dari Senggani/Harendong/Karamunting yaitu bunganya sebagai penghilang rasa sakit setelah digigit penyengat. Caranya ambil bunga Karamunting lalju gosokkan ketemapat yang digigit penyengat. Selain bunga, buah dari Senggani atau Harendong ini juga bisa dimakan, rasanya manis tetapi setelah memakannya maka warna gigi dan mulut kita akan berwarna hitam karena buahnya mengandug pewarna alami.

Manfaat daun Senggani/Harendong atau Karamunting ini bisa dijadikan obat mencret, keputihan, obat sariawan dan radang usus. Untuk obat mencret yang digunakan adalah daunnya. Banyak sekali manfaat yang kita dapat dari tumbuhan liar seperti ini, mungkin lebih baik lagi jika kita jadikan sebagai tanam hias selain sebagai pemanis depan rumah juga bisa dijadikan obat jika kita memerlukanya.

Posting Komentar untuk "Manfaat Senggani/Harendong/Karamunting Sebagai Obat Mencret "