Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Lontong Plastik/Ketupat Lebaran yang Mudah

Kalau anda bingung bagaimana cara membuat lontong/nasi ketupat tetapi anda tidak bisa membuat ketupatnya seperti yang dianyam dari daun kelapa atau lontong yang terbuat dari daun pisang seperti nasi ketupat untuk soto atau sate. Tenangan saja ini saya beritahukan bagaimana cara membuat nasi ketupat/lontong yang mudah tanpa harus membuat anyam-anyam atau harus cari daun pisang. Siapa bilang membuat nasi ketupat harus memakai ketupat atau dari daun pisang, toh yang di cari dalamnya juga sama saja bentuk nasinya.

Perbedaan kalau pakai ketupat dan daun pisang karena alami tempat pembuatannya
Cara membuat nasi ketupat/lontong yang mudah:
Yang perlu anda sediakan untuk pengganti ketupat dan daun pisang adalah plastik seperti plastik batu es dan plastik tepung terigu. 

Cari kualitas plastik yang bagus dan tebal karena plastik yang tipis bisa membuatnya menjadi bocor atau terbelah karena tekanan nasi yang semakin lama semakin mengembang. Kalau sudah lipat plastik menjadi dua, masukkan beras sebanyak setengah bagian dari plastiknya. Kalau berasnya pengembang kurangi sedikit memasukkannya agar ketupat matang dengan baik. Ikat kuat dengan tali ujung plastik tersebut.

Setelah selesai tusuk-tusuk plastik menggunakan jarum agar air bisa masuk untuk mematangkan berasnya. Rebus nasi tersebut dalam panci yang besar sesuai banyaknya nasi ketupat.
Lama memasak ketupatnya lebih dari 1 jam sampai plastik terisi penuh kan keras. Kalau sudah seperti itu angkat lalu dinginkan.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Lontong Plastik/Ketupat Lebaran yang Mudah"