Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasak Ikan Haruan/Kuah Asam Haruan/Juhu Asem yang Enak

Ikan Haruan/Ikan Behau adalah ikan air tawar yang bisa hidup di sungai dan rawa-rawa gambut kalimantan. Berikut tips atau cara memasak ikan haruan khas Kalimantan Tengah yaitu Kuah Asam Haruan/Juhu Asem Behau. Menu ini menjadi andalan masyarakat dayak yang suka akan masakan tradisional yang alami dan simple. Biasanya masyarakat daerah pedesaan sering memasak menu Kuah Asam Haruan atau Juhu Asem Behau selain alami daerah pedesaan juga masih banyak terdapat ikan haruan/ikan behau. Meskipun cara mendapatkannya tidak semudah pada zaman dahulu karena  habitatnya masih banyak. Haruan dalam bahasa dayaknya yaitu behau.

Cara memasak ikan haruan sebagai berikut :
Bumbu Halus : Bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, merica.
Bumbu Pelengkap : Asam Jawa, satu batang serai yang dikeprak, garam dan gula.
Cara masak : 
* siang ikan haruan, potong-potong sesuai selera lalu dicuci bersih. Agar tidak amis bisa bubuhi perasan jeruk nipis atau asam jawa, aduk-aduk rata kemudian cuci lagi.
* masak airnya, setelah mendidih masukkan bumbu halus dan bumbu pelengkapnya. Kemudian yang terakhir masukkan ikan haruannya. Tunggu deh sampai ikannya masak jangan lupa cicipi dulu sebelum menyajikanya.
* cara kedua bisa saja bumbu halusnya ditumis dulu, kalau sudah harum baru masukkan air. Tunggu sampai airnya mendidih lalu masukkan ikan haruan/ikan behaunya. Tunggu sampai ikan matang. Angkat dan sajikan.

Mudah bukan cara mengolahnya.

Posting Komentar untuk "Cara Memasak Ikan Haruan/Kuah Asam Haruan/Juhu Asem yang Enak"