Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Semua Hal Tentang Kehamilan Trimester Pertama

Kehamilan Trimester PertamaBanyak orang mengira bahwa melakukan USG di awal kehamilan atau pada kehamilan trimester pertama itu berbahaya. Sebenarnya melakukan USG pada saat kehamilan trimester pertama itu tidak berbahaya karena USG bukanlah sinar X. USG memang menghasilkan radiasi tetapi tidak terlalu besar. Radiasi yang dihasilkan USG yaitu  + sama dengan radiasi yang dihasilkan oleh komputer, Televisi, dan lainnya.

Pada USG 2 Dimensi anda akan melihat gambar pada monitor USG yaitu berupa warna hitam dan putih. Untuk gambar yang berwarna hitam adalah gambar untuk cairan dan yang berwarna putih adalah jaringan padat.

USG bermanfaat untuk memastikan usia kehamilan berdasarkan haid yang di perkirakan oleh ibu yaitu HPHT (Haid Pertama Haid Terakhir). Karena terkadang usia kehamilan yang diperkirakan oleh ibu hamil tidak sesuai dengan HPHT maka dari itu perlu dilakukan USG untuk memastikannya.

Pada kehamilan trimester pertama, USG berguna untuk mendeteksi jika terjadi kelainan pada kehamilan seperti misalkan terjadi missed abortus atau disebut juga keguguran yang tertahan, blighted ovum atau kehamilan tanpa janin, dan kelainan kehamilan lainnya.

Pada awal anda hamil didasarkan pada saat terakhir anda haid. Perubahan fisik akan banyak anda alami pada kehamilan trimester pertama. Dan pada periode kehamilan trimester pertama ini merupakan periode yang cepat bagi tumbuh kembang bayi anda.

-Pada minggu ke-2 kehamilan akan terbentuk  struktur dasar susunan saraf.

-Pada minggu ke-4 kehamilan akan mulai terasa perubahan seperti rasa metal dalam mulut, dan lainnya.

-Pada minggu ke-5 anda akan mengalami gejala seperti akan haid seperti sakit kepala, kembung, gerah, dan lainnya walaupun anda tidak mengalami haid atau mengalami haid. Anda juga akan sering buang air kecil. Selain itu, payudara anda juga akan lebih peka dan mulai membesar. Dan pada periode ini embrio sudah dapat dilihat pada USG.

-Pada minggu ke-6 akan terjadi mual-mual dan muntah. Dan juga Labia Mayor dan Vagina akan mulai bereaksi terhadap peningkatan yang terjadi pada aliran darah dengan perubahan warna menjadi kebiruan. Dan pada periode ini jantung janin sudah mulai berdetak. Begitu juga untuk dada, kepala, dan perut sudah mulai terbentuk.

-Pada minggu ke-7 ini terkadang anda akan merasakan sesak nafas dan juga pusing. Kemudian pada payudara akan mulai muncul beberapa benjolan kecil dan sekitar area putting susu akan berubah warna menjadi lebih tua. Pada periode ini pada janin akan mulai terbentuk lakukan tempat tumbuhnya jari kaki dan tangan.

-Pada minggu ke-8 akan mulai keluaran cairan bening, putih dan tidak berbau dari vagina dan rambut anda juga akan mulai sulit untuk ditata. Pada periode ini pada janin sudah terlihat jelas sendi-sendi utama seperti pinggul dan pundak. Begitu juga untuk organ dalam semua sudah berada pada posisinya. Untuk panjang janin diperkirakan sekitar 2,5 cm.

-Pada minggu ke-9 anda akan mengalami perubahan pada kulit dan gusi pun mulai melunak. Begitu juga kelenjar tiroid (Gondok) pada bagian depan leher juga mulai membesar. Pada periode ini pada janin mulai kelihatan bagian hidung dan mulut serta kedua lengan juga tumbuh dengan cepat.

-Pada minggu ke-10 payudara menjadi lebih besar dari ukuran bra anda yang normal. Ukuran uterus anda pun menjadi sebesar buah grapefruit. Pada periode ini pada janin akan terlihat bentuk jari kaki dan jari tangan yang masih disatukan oleh selaput kulit.

-Pada minggu ke-11 anda akan merasakan morning sickness, mual, dan muntah mulai menghilang. Volume darah juga akan bertambah banyak sehingga dapat menyebabkan mimisan. Sedangkan semua organ dalam pada janin sudah berfungsi dan berbentuk.

-Pada minggu ke-12 merupakan akhir dari periode kehamilan trimester pertama. Pada periode ini uterus anda tumbuh menjadi lebih tinggi dari tulang panggul anda sehingga akan terasa bila diraba dari luar. Dan pada janin telah kelihatan kuku jari tangan dan kaki, dan juga kelopak mata. Janin juga sudah bisa menghisap dan menelan dan persendiannya sudah dapat bergerak.

Itulah ciri-ciri kehamilan trimester pertama. Semoga bermanfaat.
Semua Hal Tentang Kehamilan Trimester Pertama

Anda juga dapat membaca artikel lainnya yaitu tentang gejala penyakit herpes.

Posting Komentar untuk "Semua Hal Tentang Kehamilan Trimester Pertama"